Purnawirawan Bantu Program Citarum

BANDUNG – Kodam III/Slw menerjunkan sekitar 7,000 personil gabungan untuk melakukan pembersihan sampah-sampah di sungai Citarum.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan, pembersihan sampah dilakukan sampai pada anak-anak sungai dengan cara menyusuri sungai.

Menurutnya, personil terdiri dari TNI, Polri, LSM, Ormas, Penggiat Lingkungan, Mahasiswa, Pelajar dan segenap komponen masyarakat lainnya.

’’Kita akan kerja bersama-sama, bahkan kita akan mendapatkan bantuan personil dari Kodam II/SWJ dan Kodam IV/DIP,’’ucap Doni ketika ditemui pada acara Silahturahmi dengan para veteran di Makodam III/slw kemarin (1/3). Dirinya menilai, tindakan ini sebagai wujud kepeduliaan TNI AD untuk menuntaskan permasalahan Citarum dengan melakukan revitalisasi secara besar-besaran.

Doni, mengajak kepada para Purnawirawan TNI se Bandung dan Cimahi untuk dapat berperan aktif dan ikut bergabung bersama Kodam III/Siliwangi pada program Citarum Harum ini.

Sebab, mununtaskan Citarum bukan saja dengan cara atau tindakan melaikan dengan ide, masukan, dan saran.

Doni menambahkan, penyebab tercemarnya Sungai Citarum di antaranya berasal dari limbah rumah tangga, limbah industri

limbah kotoran ternak, limbah kotoran manusia dan limbah pasar.

’’Dengan begitu perlu Sinergitas seluruh komponen masyarakat agar revitalisasi Citaru dapat selesai dengan tuntas,’’ucap Doni.

Ditempat yang sama Ketua Badan Pembina Corp (BPC) Siliwangi Letjen TNI (Pur) Endang Suwarya menyampaikan pertemuan atau silaturahmi ini sangat diharapkan dan sangat ditunggu-tunggu. Sebab, meskipun sudah Purnawirawan kemampuan untuk kembali turun kelapangan masih bisa diandalkan.

’’ Ajakan yang disamopaikan Palima Kodam III/Slw akan kami sambut dengan senang hati untuk membantu dengan segenap kemampuan yang ada untuk menuntaskan masalah Citarum yang nantinya akan menjadi warisan anak cucu kita,’’tutup Endang. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan