Menjaring Peserta Didik Baru di Zaman Now

Sekolah yang mempunyai mutu guru yang baik, tentunya akan menjadi prioritas orang tua dalam memilih sekolah bagi buah hatinya. Tentunya orang tua enggan untuk menitipkan anaknya kepada guru yang dipertanyakan kredibilitasnya. Untuk itu, menempatkan guru yang baik, cerdas, dan juga profesional tentunya akan mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Selain guru, sekolah yang unggul juga haruslah di dukung oleh para karyawan yang baik dan juga berakhlak. Karyawan yang memahami visi dan misi dari sekolah yang menjadi tempat kerjanya mempunyai keunggulan tersendiri. Sebagai contoh karyawan front office, kebersihan, keamanan ataupun tata usaha harus bisa dapat mendukung ujung tombak dalam pencapaian visi dan misi sekolah. Jangan sampai tampilan yang baik hanya diwajibkan untuk guru saja, sedangkan untuk stackholder lain seolah tidak berlaku demikian. Hal ini tentu akan merugikan sekolah itu sendiri.

Para karyawan yang profesional terhadap tugas dan fungsinya juga mutlak terus di tingkatkan. Bagian sekolah seperti kebersihan juga harus dapat bernilai jual dan mempunyai akhlak, mampu dan mau membantu yang membutuhkan pertolongannya dengan baik dan ramah tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, sekolah juga harus mampu mengembangkan keunggulan yang lain sehingga mudah diketahui oleh masyarakat luas. Mencetak siswa berprestasi dan menjadi juara pada ajang-ajang lomba adalah juga keunggulan tersendiri yang mampu menjual sekolah menjadi lebih diminati oleh calon peserta didik maupun orang tuanya. Keikutsertaan dalam ajang perlombaan baik itu tingkat lokal, nasional ataupun internasional tak akan menarik minat para calon peserta didik. Bahkan dengan rutinnya mengikuti perlombaan dalam dan luar negeri mempunyai nilai sendiri dalam memilih jalur prestasi di jenjang selanjutnya.

Menjadi sekolah unggulan tidak harus berpikir yang rumit dan juga sulit, namun cukup dengan mengerjakan yang kecil namun beda dan juga istiqomah ternyata mampu melejitkan menjadi sekolah yang unggul. Saat ini perkembangan dunia lebih mengarah kepada hal spesifik dan khas, yang beda itu yang akan dilirik. Yang mempunyai guru yang kompeten itu yang akan unggul, dan tentunya dapat menghasilkan lulusan yang melebihi dari harapan adalah sebuah harapan. Salah satu kunci untuk menjadi sekolah unggul adalah jangan berhenti untuk berinovasi, karena tentu saja pendidikan zaman now tidaklah sama dengan pendidikan zaman old. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan