Mega: Jokowi Capres, Pasti Metal

Situasi mendadak menjadi lebih formal. Sebab, Jokowi memulai penjelasan dengan mengucapkan salam seolah ingin berpidato. Dengan latar belakang hutan mangrove, dia memulai pidato singkat.

”Jadi, dalam rakernas III PDI Perjuangan di Bali, Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Hj Megawati Soekarnoputri dengan menggunakan hak prerogatif yang diberikan oleh kongres partai telah menetapkan kembali saya sebagai calon presiden 2019–2024,” ujar Jokowi.

Di belakang Jokowi ada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Jokowi yakin, dukungan PDIP yang solid bisa membuat pemerintahan semakin solid. Apalagi, sebelumnya Jokowi mendapatkan dukungan terbuka dari Partai Golkar, Hanura, dan Nasdem. ”Pemerintahan ke depan akan lebih stabil, lebih efektif karena dukungan partai-partai yang menyatu dengan dukungan rakyat,” ungkap dia.

Jokowi mengungkapkan tema rakernas, yakni Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya. Tema itu seolah memberikan pesan tersendiri bagi dia atas penunjukan mandat tersebut. Dia mengungkapkan, semangat berdikari itulah yang juga menjadi pesan khusus dari Megawati. ”Terutama dalam hal pangan, energi, pertahanan, dan keuangan,” ungkap mantan wali kota Solo itu.

Terkait dengan sosok calon wakil presiden, Jokowi masih enggan buka-bukaan. Termasuk kriteria yang cocok hingga waktu pengumuman. Dia hanya mengatakan bahwa hal itu membutuhkan pertemuan-pertemuan lanjutan dengan partai lain. ”Belum, masih panjang. Masih panjang. Ini masih panjang. Masih ada Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus,” ujar dia. Agustus memang sudah memasuki tahap penetapan calon presiden.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengakui, pengumuman yang disampaikan Megawati tersebut mengejutkan para kader. Sebab, pengumuman pencalonan Jokowi disampaikan sesaat setelah Mega hendak menutup pidatonya. ”Ya, semuanya terkejut. Tidak ada yang menyangka. Bahkan, ketika Ibu Mega mau menutup pun, kami anggap itu sudah akhir pidato,” ujar Hasto. Tapi, menurut dia, tiba-tiba Mega menyatakan bahwa telah melakukan pertimbangan yang mendalam. ”Dan kemudian diumumkanlah Bapak Jokowi itu,” imbuh dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan