Targetkan Pengusaha Perempuan Tingkatkan Daya Saing Sampai ke Pangsa Ekspor

Bandung-Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI menargetkan di 2018 para pengusaha wanita, terutama yang tergabung di IWAPI harus mampu meningkatkan daya saing sampai ke pasar ekspor dengan memanfaatkan teknologi komunikasi digital.

“Selama tiga tahun ini, IWAPI fokus terhadap digital marketing mengingat Indonesia sudah lama memasuki era globalisasi, digitalisasi dan modernisasi atau era tanpa batas, dan di rakerda IWAPI Jabar ke 26 ini menjadi momentum untuk mengingatkan dan mendorong kembali cita-cita IWAPI ini agar bisa terwujud,” tutur Ketua Umum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari di sela-sela acara Rapat Kerja Daerah Dewan Pengurus Daerah IWAPI Jawa Barat yang ke 26 di Haris Hotel Bandung, Kamis(08/02/2018).

Lebih lanjut Dyah Anita P menjelaskan, alasan IWAPI saat ini fokus terhadap digital marketing dengan menggunakan teknologi digital ini, karena dapat menjangkau dan menjual produk seluas-luasnya dibandingkan dengan tidak menggunakan teknologi komunikasi yang pangsa pasarnya sangat terbatas. Untuk mewujudkan target itu bisa terealisasi, maka IWAPI mendorong para pengusaha wanita terutama yang tergabung di IWAPI agar bisa melek IT.

“Sehingga, bisnis yang sedang digelutinya akan lebih maju karena menggunakan sistem digital marketing, dan itu yang akan Kita dorong,” jelasnya.

Selain meningkatkan daya saing terang dia, dari peningkatan kualitas produk sampai memanfaatkan digital marketing dinilai sangat penting terutama untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dari lokal, nasional hingga ekspor. Maka IWAPI dalam hal ini pengurus DPP akan masif melakukan road show di 12 daerah untuk melakukan sosialisasi mengenai peningkatan daya saing dan penerapan teknologi digital yang juga akan menggandeng beberapa pihak yaitu, Kominfo, Telkom masing-masing daerah yang akan kita singgahi nanti.

“Tapi di 12 daerah itu, Jawa Barat tidak masuk karena Jabar sudah sangat luar biasa pengusaha wanitanya yang kebanyakan sudah melek IT dan produknya pun sudah mampu berdaya saing ditambah dengan dukungan Pemerintah Daerahnya yang sangat pro terhadap pengusaha,” terangnya.

Adapun mengingat pentingnya peningkatan daya saing dengan menggunakan teknologi digital supaya bisa masuk ke pasar global (ekspor) tambahnya, IWAPI pusat berharap di rakerda DPD IWAPI Jabar yang ke-26 ini bisa membuat program-program kerja 1 tahun ke depannya yang dapat mendukung dan mendorong cita-cita tersebut terealisasi, dan tidak lupa dalam rakerda ini pun mengevaluasi kerja di tahun sebelumnya dan mampu memperbaiki program yang dinilai tidak jalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan