Pendamping PKH, Kades Ngaku Terbantu

SOREANG – Adanya system pendampingan dari pemerin­tahan provinsi Jawa Barat pada Program Keluarga Ha­rapan (PKH) dirasakan bermanfaat. Seperti dikemukakan Alo Sobirin kepala Desa Cilame.

Menurutnya, dengan adanya tenaga khusus pendamping program PKH. Pemerintah desa merasa lega karena pro­gram berjalan sesuai aturan yang semestinya.

”Belum pernah ada masy­arakat yang komplen atau mempertanyakan program PKH ke Desa,” jelas Alo ke­pada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.

Bahakan lanjutnya, pihaknya merasa senang dan tenang dengan berjalannya program PKH yang dilaksanakan langsungpihak pendamping. Me­reka bekerja mulai dari pendataan hingga pencairan, berjalan sesuai program. Hal tersebut, bisa meminimalisir so­sialisasi kepada masyarakat oleh pihak desa karena se­muanya sudah dilakukan pihak pendamping.

”Kan segala sesuatunya sudah dilakukan oleh pendamping. Jadi, walaupun tidak ada komu­nikasi dengan pemerintah desa, kami merasa puas. Ka­rena sampai saat ini, tidak ada keluhan dari masyarakat ten­tang program PKH,” katanya

Dengan tidak adanya kelu­han dari warga, lanjut Alo. Pihaknya memprediksi pro­gram tersebut berjalan se­suai aturan dan sukses tanpa ekses. ”Kalau tidak sesuai aturan, pasti bakal ada warga yang mempertanyakan. Tapi Alhamdulillah, sampai seka­rang tidak ada. Kami hanya memantau, secara admini­trasi ke wilayahan sesuai dengan tupoksi pemerintah desa,” akunya

Alo menambahkan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya tenaga pendamping khusus program PHK yang dibentuk pemerintah provinsi. Dengan demikian, dirinya selaku pe­merintah desa hanya meman­tau dan berkomunikasi dengan warga atau pendamping.

”Cukup komunikasi dengan warga, dan pihak pendamping barang kali keluhan atau ke­kurangan administrasi peray­arakat bagi warga penerima PKH,” tegasnya

Senada dikatakan Uus Rus­lan Kades Cilampeni Keca­matan Katapang, menurutnya setiap pendamping ditugaskan ditiap wilayah se kabupaten bandung pasti melakukan koordinasi dengan pemerin­tahan desa.

Alhamdulillah program PKH di desa cilampeni berjalan baik. Adapun tenaga pendam­ping, selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan kami kalau ada kekurangan per­syaratan bagi penerima PKH,” pungkasnya. (rus/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan