Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran

Kemampuan inti ini bukan se­buah bentuk kurikulum ataupun pelajaran baru. Kemampuan inti ini masuk dalam pembelajaran di kelas. Ada enam kemampuan inti yang harus di miliki oleh manusia dewasa baik masa ini dan masa mendatang, meskipun ada beber­apa literatur yang menuliskan lima inti saja. Akan tetapi, semua itu memiliki kesamaan, hanya saja ada poin yang melebur dengan poin yang lainnya. Kemampuan tersebut diantaranya adalah kemampuan menjadi warga negara bahkan warga dunia yang baik (citizenship), kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam sebuah komu­nitas atau tim (collaboration and communication), kemampuan ber­pikir kreatif dan menghadirkan pe­mikiran yang imajinatif (creativity and imagination), mampu berpikir kritis dan menjadi pemecah masalah yang handal (critical thinking and problem solving), mampu member­dayakan diri dalam era literasi digital (digital literacy), serta mampu me­numbuhkan sifat kepemimpinan dan pengembangan kepribadian (lead­ership and personal development).

Salah satu cara dalam meningkat­kan kemampuan berpikir kritis un­tuk para siswa diantaranya adalah dengan cara pemberian pertanyaan-pertanyaan yang menggunakan pemikiran tingkat tinggi yaitu bersi­fat pertanyaan terbuka (open ques­tion). Dengan memberikan perta­nyaan yang baik dan bersifat open, akan muncul pernyataan atau jawa­ban yang tidak biasa dari peserta didik. Dengan begitu, para siswa belajar untuk betul-betul berpikir, tidak hanya menjawab pertanyaan yang bersifat tertutup saja.

Bentuk-bentuk pertanyaan sangat banyak dan beragam. Namun, per­tanyaan tersebut apabila dihubung­kan dengan jawaban yang akan di­berikan, maka dapat di ukur akan berada pada level jawaban yang mana. Ada pertanyaan yang memer­lukan jawaban dengan berpikir di permukaan atau jawaban yang me­merlukan pemikiran lebih mendalam.

Pola jawaban yang memerlukan pemikiran secara di permukaan adalah bentuk pertanyaan yang ha­nya menyentuh ranah pengetahuan bentuk mengingat, memahami dan mengaplikasi. Berbeda dengan ja­waban yang memerlukan pemikiran secara mendalam pertanyaan yang menyentuh ranah pertanyaan peng­etahuan secara mendalam, deep learning. Diantara kemampuan menjawab bermakna adalah kemam­puan untuk menganalisa, mengeva­luasi, dan menciptakan.

Tinggalkan Balasan