Ajak PKL Cicadas Siap Naik Kelas

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung gencar bersosialisasi ‎kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas. Hal ini dilakukan menyusul rencana pembangunan sky walk sebagai tempat relokasi.

Ketua PKL Cicadas Suherman mengaku, sebagian besar PKL yang tersebar sepanjang Jalan Ahmad Yani diklaim menyetujui rencana Pemkot tersebut.

Dia juga mengaku, sudah menjalin komunikasi secara personal dengan pra pedagang. Sehingga wacana pembuatan sky walk sebagai tempat relokasi sudah diketahui oleh para PKL. Namun, menurutnya para pedagang menunggu pertemuan resmi yang diinisiasi oleh Pemkot, sekaligus mematangkan rencana relokasi ke sky walk.

”Kami harus berembuk dulu dengan pedagang, pada intinya 90 persen menerima. Hanya belum dipanggil secara formal, tapi mereka sudah pada tahu,” kata Suherman.

Suherman menuturkan, jumlah PKL Cicadas di sepanjang Jalan Ahmad Yani‎ saja mencapai 1.117 pedagang. Teknis lainnya, jika ditambah dengan Cikutra, maka jumlah bertambah menjadi sekitar 1700-an. ”Sekitar 97 persen warga Kota Bandung. Selain dari Cicadas, ‎ada dari Kecamatan Batununggal dan Kecamatan Kiaracondong juga,” urainya.

Menurut Suherman, sekalipun ada PKL yang masih belum bisa menerima rencana relokasi ke sky walk, kemungkinan karena menunggu penjelasan langsung dari Wali Kota. Sebab, para PKL ini menduga apabila program relokasi akan sama seperti sebelumnya ketika pindah ke kawasan BTM. Nah, jika ke BTM dipastikan pedagang akan keberatan lantaran di lokasi tersebut selalu sepi pembeli.

”Untuk lokasi secara tatap muka saya ngobrol sudah pada tahu, dan mungkin saja belum menerima karena belum dipanggil secara khusus. Ketika pak wali tiga bulan pindah ke BTM kami sempat menolak,karena ke BTM sudah beberapa kali sepi, jam 11 malem sampai jam 10 pagi sudah sepi,” terangnya.

Sementara ‎itu, pada Minggu (28/1) sore, Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial mencoba turun langsung ke Cicadas untuk melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan sky walk, yang akan dijadikan tempat baru bagi para PKL Cicadas. ”Mencoba bertanya mereka pada prinsipnya mengikuti program selama itu positif, mudah-mudahan lancar,” ucap Oded.

Diungkapkan Oded, pihak Pemkot akan berupaya keras agar pembuatan sky walk di Cicadas bisa terlaksana pada 2018 ini, sebelum masa jabatannya bersama Ridwan Kamil berakhir pada September mendatang. ”Testimoni kepada PKL, nampaknya kelihatan hampir semua merasakan mereka setuju, sudah setuju program pemerintah. Insya Allah tahun ini ada anggaran Rp 80 miliar pembangunan teras Cicadas,”” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan