oleh

Direktur Keuangan PT KAI Diciduk

BANDUNG – Mantan Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang berinisial AK, berhasil ditangkap Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung. AK yang telah setahun buron tersebut, ditangkap karena telah merugikan uang negara sebesar Rp 100 Miliar.

Kepala Kejari Kota Bandung Agung Winoto mengungkapkan, AK merupakan terpidana kasus korupsi penggunaan dana PT Kereta Api Indonesia dengan PT Optimal Capital Management. Pelaku telah divonis bersalah oleh Mahkamah Agung di tingkat kasasi selama 10 tahun penjara, denda Rp 400 juta karena terbukti korupsi dana PT KAI dan merugikan keuangan negara sebesar Rp 100 miliar.

Baca Juga:  Larangan Mudik Telah Ditetapkan Pemerintah, Begini Aturannya Jika Ada Urusan Mendesak

Sebelumnya, lanjut Agung, AK divonis oleh Pengadilan Negeri Bandung hukuman 2.5 tahun. Kemudian melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Barat, namun hukumannya bertambah menjadi 4 tahun subsider 1 tahun.

”Tak sampai di situ, AK pun melakukan kasasi ke MA dan divonis 10 tahun. Dia dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 UU RI No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata Agung, kemarin (18/1).

Baca Juga:  Tim Saber Pungli Selidiki Oknum Petugas PKH di KBB Terkait Penyaluran Bansos Non Tunai

Dia mengungkapkan, pihaknya selama setahun lebih telah menugaskan tim intel dan Pidsus untuk melakukan eksekusi terhadap terpidana AK.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga