Keren Nich, Bobotoh akan Bangun Taman Makam Pahlawan Persib

BANDUNG – Bobotoh Persib Bandung menginisiasi adanya Taman Makam Pahlawan Persib (TMMP). Menurut Gani Permana, adanya makam tersebut sebagai bentuk dukungan dan penghargaan bagi orang orang yang berdedikasi tinggi terhadap Maung Bandung.

Seeperti diketahui, Persib memang dikenal sebagai klub yang memiliki supporter yang disebut bobotoh terbilang loyal dan total dalam memberikan dukungan dukungan. Baik saat pertandingan Maung Bandung di laga kandang maupun tandang.

Terkadang mereka pun terkadang rela mengorbankan darah dan nyawa demi melihat klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut jadi juara.

Bersama rekan-rekannya, Gani menyisihkan penghasilannya untuk membuat sebuah karya yang belum ada sebelumnya di Indonesia. Terlebih, dia menilai meninggalnya pentolan Viking Ayi Beutik dan Rangga sebagai bobotoh berdedikasi hanya dipandang sebagai momentum saja yang seketika bisa terlupa.

”Berangkat dari itu, maka kita menyisihkan sebidang tanah untuk dijadikan TMMP yang dikhususkan untuk mantan pemain Persib, mantan pelatih, mantan pengurus, komunitas ataupun pendukung yang berkorban, artinya meninggal dalam pertandingan,” kata Gani di Bandung.

Gani memaparkan, rencananya TMMP akan dibangun di atas tanah seluas satu hektare i Desa Ciendog, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lokasi itu dinilai sebagai kawasan strategis karena berada jalan nasional penghubung antar kabupaten/kota.

Selain itu, yang menjadi alasan dirinya membangun TMMP di kawasan tersebut, sebagai penanda jika pendukung Persib tersebar di seluruh daerah termasuk KBB. ”Kita tahu di Kabupaten Bandung ada stadion Si Jalak Harupat dan di Kota Bandung ada GBLA, tapi di KBB belum ada. Padahal distrik Viking tersebar di seluruh daerah,” kata dia.

Gani menjelaskan, di area TMMP tersebut nantinya akan dibangun berbagai fasilitas penunjang, di antaranya masjid, museum, lapangam upacara serta aula yang diperuntukan bagi pejiarah dalam melakukan doa bersama.

“Konsep identik dengan Persib, selain ada patung, warna TMMP juga biru kalau mungkin nanti dari pihak agama tidak merasa terganggu. Di sini ada gerbang menandakan Persib,” kata dia.

Menurut Gani, pihaknya juga akan mempersiapkan dewan pemilih yang berkompenten dalam menentukan kriteria siapa saja pahlawan dan tokoh yang dianggap layak untuk dimakamkan di TMMP.

Tinggalkan Balasan