Setara Sir Alex, Namun Tetap Inferior

Pertandingan lawan Crystal Palace dini hari nanti (29/12) di Selhurt Park akan menjadi tetenger penting dalam karir pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Pria 68 tahun itu akan menyamai jumlah pertandingan yang dilalui rivalnya di Manchester United, Sir Alex Ferguson di kancah Premier League.

Wenger yang bergabung dengan The Gunners sejak 1996 lalu sampai kemarin (27/12) sudah menangani Arsenal dalam 809 pertandingan Premier League. Atau satu pertandingan lebih sedikit dibandingkan Sir Alex (810 laga).

Hebatnya kalau Sir Alex membutuhkan sekitar 27 tahun buat mencapai angka 810 laga di Premier League, maka Wenger lebih singkat. ‘Hanya’ sekitar 21 tahun atau lebih pendek enam tahun dari Sir Alex.

Akan tetapi dari statistik, Wenger masih ada di bawah Sir Alex buat angka kemenangan (467 berbanding 528), produktivitas (1.521 berbanding 1.627), dan rerata poin per game (1,98 berbanding 2,16).

Apalagi kalau ditinjau soal trofi liga, jelas njomplang bedanya. Wenger hanya memenangi tiga titel Liga Inggris dalam lintasan karirnya bersama Arsenal. Sementara Sir Alex mencapai 13 trofi Liga Inggris.

Di sisi lain, Wenger sendiri sudah mengisyaratkan untuk berhenti dari dunia kepelatihan pada musim panas 2018 mendatang. Atau setelah berkarir kurang lebih 22 tahun.

Nah, seperti diberitakan The Sun kemarin hanya pelatih Palace yakni Roy Hodgson yang lebih senior darinya. Bekas pelatih timnas Inggris itu saat ini berusia 70 tahun. Jadi, pertemuan dini hari nanti (29/12) adalah adu cerdas para pelatih senior.

Arsenal berada dalam periode sulit musim ini. Setelah musim lalu finis posisi lima dan bermain di Europa League musim ini, sampai kemarin Arsenal masih duduk di posisi keenam dengan poin 34 serta terancam tampil di Europa League kembali musim depan. (dra/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan