Perlu Komitmen Wujudkan Seribu Kampung

SOREANG – Untuk memberikan dorongan program seribu kampung perlu dukungan dari seluruh Steakholder untuk berperan aktif, sehingga terbangun komitmen bersama.

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunamwan mengatakan. Salah satu masukan untuk mendukung program ini adalah peningkattan pelayanan publik di tingkat desa.

Selain itu, peningkatan kinerja melalui program pembangunan harus terus dilakukam. Sehingga, jangan sampai tidak berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Saya harap para eselon ini bisa membangun pemikiran yang inovasinya nyata, misalnya bagaimana meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) namun anggaran bisa efisien,” jelas Gun Gun ketika ditemui dalam acara pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepada para Eselon II dan III  belum lama ini.

Dirinya menilai, keberadaan Tol Soreang – Pasir Koja bisa dimanfaatkan untuk menggali potensi wilayah sebagai daya tarik tersendiri terhadap program seribu kampung. Bahkan, bisa diperluas kampung tematik yang ada.

Dirinya mengungkapkan, program seribu kampung, tidak mungkin akan beres dalam waktu singkat. Sebab, penataan kota dan penataan kampung harus dipisahkan. Hal ini, harus menjadi perhatian pembangunan dipelosok harus diperhatikan.

Selain itu, fokus pembanguan di pedesaan bisa mengurangi perasaan ketidakadilan pembangunan. Sehingga, program seribu Kampung ini harus didorong bersama dan melaksanakan secara konsisten.

“Bukan hanya dalam perencanaan program tapi juga dianggaran. Semangatnya jangan hanya di awal, yg paling berat adalah maintenance nya. Bagaimana menggerakan semua pihak agar konsisten menjalankan peran terbaiknya,” kata Gun Gun

Dirinya meminta kepada Bappeda untuk merumuskan dan mengawal, program kemudian lakukan juga koordinasi dengan Perangkat Daerah, untuk menentukan rencana lanjutan.

“Tolong dikawal tahun ini berapa kecamatan yang sudah menghadirkan kampung tematik, lalu tahun selanjutnya berapa, silahkan di rencanakan, jangan hanya ada kampungnya tapi produknya juga harus dikenal, dirasakan masyarakat, menumbuhkan ekonomi,” tukasnya.

Dirinya menambahkan, tanpa mengurangi apa yang dilakukan dalam program sebelumnya, kita akan bantu pertumbuhan di pedesan, sehingga keberadaaan tol Soroja akan memberikan dampak positif,

“Biarkan kekhawatiran tadi kita jawab, biarkan macet tapi membawa berkah, kita belajar dari bagaiman kawasan Dago dan Lembang yang selalu macet tapi membawa rezeki bagi masyarakat kecil,”ucap Gun Gun. (rus/yan)

Tinggalkan Balasan