Disdik Akan Gelar Apresiasi Pendidikan Bandung Juara

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik)  Kota Bandung akan menggelar Apresiasi Pendidikan Bandung Juara yang akan digelar Selasa (19/12) di SOR Arcamanik mulai jam 8.00 pagi.

Kepala dinas pendidikan kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, selain menggelar Apresiasi Pendidikan Bandung Juara, Disdik kota Bandung pun akan meresmikan Gedung Paket C Daring.

”Besok (hari ini, Red) jam 12.30 ada peresmian gedung Paket C Daring di SKB dan diresmikan oleh Dirjen PAUD-Dikmas Kemdikbud,” kata Elih kepada Jabar Ekspres, kemarin (17/12).

Tujuan utama dari kegiatan itu, kata dia, adalah Apresiasi Pendidikan Bandung Juara. Hal in dilakukan untuk memberi apresiasi kepada sekolah yang sudah membudayakan berbagai inovasi yang dideklarasikan di Kota Bandung. Di antaranya, Apresiasi Sekolah Berbudaya Literasi, Apresiasi Sekolah Berbudaya Lingkungan,  Apresiasi Sekolah Berbudaya TIK/ICT, Apresiasi Sekolah Berintegritas Apresiasi Sekolah Berbudaya Religi, dan Apresiasi Sekolah Berbudaya Sunda.

”Semua itu harus kita beri apresiasi agar bisa ditingkatkan dan di pertahanan,” sebutnya.

Elih mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan sudah dilakukan untuk kali ketiga. Tahun ini, kata dia, ada tambah agenda yaitu Apresiasi Siswa Berprestasi Nasional, Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Nasional. Dalam acara pemberian apresiasi, lanjut Elih juga akan diresmikan program Sakoja (Sakola Juara).

”Koja itu nama wadah tradisi Sunda tempat menyimpan dan membawa banyak hal. Sakoja (satu wadah, Red) semua inovasi pembelajaran berbasis TIK di sekolah sekarang ada salam satu wadah. Ujian Dalam Jaringan, Edu Box, sekolah digital yang sudah dilaksanakan sekarang disempurnakan lagi,” papar Elih sambil mengartikan kata Sakoja.

Di samping itu, akan digelar juga Festival Bandung Ulin sebagai media pembelajaran karakter barbasis permainan tradisi orang Sunda. Ini merupakan kegiatan tahun pertama sebagai salah satu inovasi menindaklanjuti inovasi pendidikan karakter bandung Masagi yang sudah di-launching 2 tahun lalu. ”Berbagai Kaulinan akan dilombakan yang diikuti unsur siswa, guru, KS, Pengawas, juga karyawan Disdik,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan nanti akan bekerjasama dengan dengan beberapa organisasi guru. Itu juga merupakan rangkaian, memeriahkan Hari Guru Nasional 2017 dengan menggelar sejumlah seminar. ”Untuk peserta seminar ini juga diikuti guru-guru luar kota Bandung,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan