oleh

LSL Dominasi Pengidap HIV/AIDS

SUKABUMI – Jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi kurun lima tahun terakhir mencapai 619 orang. Lebih dari separuhnya merupakan penderita dari kalangan lelaki seks lelaki alias gay.

“LSL merupakan populasi kunci penyumbang HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi,” kata kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi, di sela peringatan Hari AIDS Sedunia di salah satu hotel di Palabuhanratu, kemarin (13/12).

Temuan kasus HIV/AIDS dari kalangan LSL satu di antaranya setelah dilakukan tes HIV atau voluntary counseling and testing (VCT). Saat ini Pemkab Sukabumi menyiapkan layanan VCT di 24 titik tersebar di berbagai fasilitas kesehatan.

Selain kalangan gay, kontributor terbesar pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi yakni kalangan ibu rumah tangga. Padahal, ibu rumah tangga tidak termasuk pupulasi kunci terpapar HIV/AIDS. “Masih banyak ditemukannya kasus HIV/AIDS itu merupakan bukti koordinasi yang baik dari KPA, Dinas Kesehatan, maupun LSM Lensa (Lembaga Penelitian Sosial dan Agama),” ucap Didi.

Didi berharap ke depa koordinasi yang sudah terjalin bagus ini bisa menjadi langkah nyata mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, sehat, mandiri, dan bebas HIV/AIDS. “Insya Allah, kami selalu berkoordinasi dengan baik untuk menanggulangi HIV/AIDS,” sebutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.