Heboh, Buku Pelajaran SD Tulis Jerusalem Ibu Kota Israel

Resepsionis menyatakan bahwa jajaran marketing dan redaksi tengah mengadakan rapat dan meminta untuk kembali menghubungi beberapa saat lagi. Untuk kedua kalinya, lagi-lagi tak ada jawaban dan meminta untuk kembali menghubungi besok hari.

Sementara itu, dari Prancis Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu melanjutkan lawatannya ke Belgia. Tokoh 68 tahun itu berusaha menggalang dukungan dari UE soal status Kota Jerusalem yang oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dideklarasikan sebagai ibu kota Israel.

Namun, lagi-lagi, Netanyahu harus gigit jari. Sama seperti saat melobi Presiden Prancis Emmanuel Macron di Kota Paris pada Minggu (10/12), dia kembali gagal meyakinkan UE supaya mengekor Trump.

”UE akan tetap mendukung kesepakatan internasional terhadap Jerusalem,” ujar Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Federica Mogherini sebagaimana dilansir kantor berita Associated Press.

Kepada Netanyahu, Mogherini menegaskan bahwa UE tetap berkomitmen pada solusi dua negara terkait konflik Israel dan Palestina. Yakni, mengakui kedaulatan Israel dan Palestina sebagai negara.

Soal Jerusalem, UE tetap mendukung status quo. Diplomat perempuan asal Italia itu yakin kota tersebut bisa menjadi milik Israel dan Palestina. Sebab, jika Israel berhak mengklaim Jerusalem sebagai ibu kota, Palestina pun demikian.

Kemarin Mogherini menyambut sendiri Netanyahu. Lantas, mereka menggelar jumpa pers bersama. Itu merupakan lawatan pertama PM Israel ke UE dalam 22 tahun terakhir. Di hadapan media, Netanyahu membela deklarasi Trump pada Rabu (6/12).

”Apa yang Presiden Trump lakukan hanyalah mengungkapkan fakta. Sebab, perdamaian lahir dari realitas,” ungkapnya sebagaimana dikutip Reuters.

Netanyahu melanjutkan, Jerusalem adalah ibu kota Israel. ”Tidak ada yang bisa mengingkarinya,” kata kepala pemerintahan yang juga ketua Partai Likud tersebut. Dengan mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel, lanjut dia, perdamaian bakal lebih cepat terwujud. Namun, Mogherini bersikeras perdamaian Israel-Palestina hanya akan terwujud lewat solusi dua negara.

Dalam forum tersebut, Netanyahu juga mengimbau negara-negara Eropa untuk memindahkan kedutaan besar mereka ke Jerusalem. Namun, imbauan itu tidak digubris Mogherini. Sebab, sebagai penggagas ide, AS belum bisa berbicara panjang lebar tentang rencana kontroversial tersebut. Di internal AS, ide itu menuai banyak penolakan.

Tinggalkan Balasan