Sekda Pastikan ASN harus Netral

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya memastikan menghadapi Pilkada 2018, Aparatur Sipil Negera (ASN) akan bersikap netral. Bahkan, ASN diminta tidak ikut berpolitik dan tetap fokus kerja.

“Semua ASN dipastikan netral dan saya minta agar tetap fokus kerja dalam menyelesaikan segala program yang sudah disusun,” kata Maman di Ngamprah, kemarin. (24/11)

Menurut Maman, disisa akhir jabatan Bupati Bandung Barat Abubakar dan Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra sampai Juni 2018, diharapkan semua program yang sudah disusun bisa tercapai sesuai dengan target.

“Terutama soal infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Itu semua dibutuhkan fokus kerja dari masing-masing ASN,” ujarnya.

Maman selaku pembina ASN selalu memantau kinerja dan kedisiplinan setiap harinya. Dia tidak segan-segan akan memberikan sanksi bagi ASN yang melanggar aturan dan melawan hukum.

Diungkapkan Maman, mulai Desember 2017, Pemkab Bandung Barat akan memulai sistem keuangan dengan cara online atau e-government yang terintegrasi dengan setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Untuk itu, semua ASN harus bisa mengaplikasikan sistem online ini.

Maman menyatakan, penerapan sistem online ini merupakan arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diperkuat dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemkab Bandung Barat.

“Sistem e-government atau berbasis online ini awalnya arahan dari KPK. Selanjutnya kami tindaklanjuti dengan mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, karena di sana sudah menerapkan sistem tersebut. Kami akan mulai sistem ini pada Desember mendatang,” katanya.

Menurut Maman, dengan sistem online yang menggunakan kecanggihan teknologi akan memberikan kemudahan bagi setiap SKPD dalam melaporkan keuangan. Tak hanya itu, dengan teknologi juga akan mempercepat kinerja di masing-masing SKPD. “Banyak kemudahan ketika teknologi masuk dalam sistem. Bahkan, bisa lebih cepat untuk mengakses data yang diperlukan, itu yang kami akan terapkan,” tandasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan