Minta Terbuka soal Hasil Konvensi Partai Demokrat

jabarekspres.com, BANDUNG – Salah satu peserta konvensi partai Demokrat Fiki Satari merasa belum mendapatkan penjelasan yang memadai terkait hasil survei yang dilakukan oleh Panitia Konvensi Calon Wali Kota Bandung dari Partai Demokrat. Hal ini mengerucut setelah sebelumnya DPC mengeluarkan surat rekomendasi mendukung Yossi Irianto sebagai calon wali kota Bandung.

”Sejak survei pertama sampai dengan hari ini saya belum mendapatkan apapun berkenaan laporan hasilnya,” ungkap Fiki, kemarin (7/11).

Pria yang sudah mengantongi dukungan dari PKB tersebut mengatakan, informasi keputusan tersebut konvensi malah dia terima setelah membaca dari media. ”Tidak ada pemberitahuan sampai dengan undangan pertemuan resmi dari tim penjaringan ataupun pengurus DPC PD sebelum diumumkan ke media,” ungkap pria berkacamata ini.

Fiki mengatakan, pihak panitia idealnya mengundang semua peserta konvensi dan menjelaskan hasil survei secara detail agar transparan. ”Rasanya akan lebih baik bila kami para peserta, dikumpulkan semua, disampaikan hasil survei langsung oleh lembaganya, dijelaskan item per item poin survei, apa saja yang dipertanyakan oleh surveyor, profil responden, bagaimana mekanisme teknisnya dan seterusnya,” tuturnya.

Cara tersebut dinilainya lebih transparan dan memberikan edukasi politik baik pada masyarakat maupun pada para peserta konvensi. Menurut Fiki transparansi hasil survei bisa jadi pengetahuan, pembelajaran, dan membantu dia mengoptimalkan setiap langkah ikhtiar politiknya.

”Harapannya, saya diberikan kesempatan oleh tim penjaringan ataupun DPC Partai Demokrat Kota Bandung untuk dipaparkan secara lengkap hasil survei, langsung oleh lembaga pelaksana berikut laporan pelaksanaan keseluruhan konvensi,” tandasnya. (bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan