Pocari Sweat Tanam 3 ribu Pohon Endemik

jabarekspres.com, BANDUNG – Produsen minuman Pocari Sweat kembali menggera gerakan Cinta Lingkungan. Kegiatan yang didanai dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Amerta Indah Otsuka bertajuk program Satu hati, Kamis (2/11).

Perusahaan asal jepang itu terus berusaha menghijaukan kembali wilayah Kampung Dumus Desa Dampit Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung dengan cara menanam 3 ribu pohon endemik dan buah-buahan asli Jawa Barat.

Di lahan seluas Delapan hektar itu, semua masyarakat Desa Dampit khususnya kelompok Eco Village Sabilulungan Kabupaten Bandung, gotong royong melakukan penanaman 3 ribuan pohon. Nantinya, setiap pohon yang ditanam akan dipantau pertumbuhannya selama 1 tahun.

”Kami ingin penanaman pohon ini bukan sekedar acara biasa. Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan area penyangga untuk normalisasi Sungai Citarum,” ucap Corporate Affairs Director, Pratiwi Juniarsih saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut kegiatan yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jabar ini pun sebut Pratiwi tak hanya sekedar menanam pohon semata. Dalam prosesnya, kordinasi antara pihak swasta dengan pemerintah sudah terbukti saling bersinergi dalam memajukan satu daerah, khususnya menghijaukan kembali satu kawasan tertentu. ”Pemerintah Provinsi Jabar sangat responsip terhadap lingkungan. Kami selaku pihak swasta bisa langsung bersinergi dan hadir dengan program CSR SATU HATI,” jelas Pratiwi.

Seperti diketahui PT Amerta Indah Otsuka sejak 2009 sudah berkali-kali melakukan kegiatan yang konsen dengan lingkungan. Mulai dari penghijauan kawasan di Sukabumi dengan 30 ribu pohon, di Taman Nasional Gunung Bromo dengan 12 ribu pohon hingga gotong royong membersihkan pantai Pelabuhan Ratu, Yogyakarta dan pantai Lombok. ”Kami memiliki komitmen untuk trus bersinergi dan siap berkontribusi membantu pemerintah maupun masyarakat dalam menjaga lingkungan,” terangnya.

Pratiwi berharap, PT Amerta Indah Otsuka bisa menjadi bagian penting baik untuk pemerintah maupun masyarakat dalam membantu berbagai hal, khususnya penghijauan atau pelestarian lingkungan. ”Semoga penanaman pohon ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Jabar khususnya warga Desa Dampit,” tutup Pratiwi.

Kepala DLH Provinsi Jabar, Anang Sudarna melalui Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Provinsi Jabar, Dewi Nurhayati mengapresiasi, PT Amerta Indah Otsuka sebagai CSR yang konsen terhadap lingkungan. ”Ini program yang luar biasa. Apalagi kontribusinya pengendalian dan pelestarian lingkungan. Proram CSR ini sudah sejalan dengan visi dan misi kami (DLH),” papar Dewi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan