Dorong Anak Muda Jadi Entrepreneur Digital

Jabarekspres.com, BANDUNG – Dalam rangka membangun Ekonomi Digital di Indonesia sesuai amanat Presiden RI, Indonesia saat ini sangat membutuhkan adanya terobosan inisiatif digital di berbagai bidang.

Setelah sukses menggelar Telkom Hackhaton di tahun 2015 dan 2016, PT Telkom Indonesia kembali menggelar acara Telkom Hackathon yang puncaknya akan dilaksanakan pada Januari 2018.

Hal ini dilakukan sejalan dengan komitmen Telkom untuk mendukung tumbuhnya entrepreneur digital di Indonesia sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang baru saja diperingati.

SVP Media dan Digital Business PT Telkom Joddy Hernady mengatakan, Telkom Hackathon merupakan kompetisi pembuatan aplikasi dalam 24 jam yang memanfaatkan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan nasional. Khususnya di bidang yang saat ini bertransformasi ke digital secara cepat seperti ecommerce, fintech, logistic, dan lain-lain.

”Melihat animo yang sangat baik dari tahun-tahun sebelumnya, kami optimistis dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi yang bermanfaat dari para entrepreneur digital yang kian tumbuh dan  berkembang pesat di Indonesia,” katanya dalam keterangan persnya kemarin (2/11).

Perbedaan tahun ini, kata dia, seluruh peserta Telkom Hackathon akan mengikuti berbagai tahap yang disiapkan Telkom antara lain memahami API (Application Programming Interfaces) yang disediakan Telkom.

Kemudian, mengumpulkan prototype aplikasi, mengikuti tahap workshop, mentoring & coaching, dan inkubator. Seluruh kegiatan akan diadakan di Digital Valley Telkom yang merupakan tempat berkumpul para penggiat industri digital.

Dia menambahkan, pemenang Telkom Hackathon berhak mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah. Telkom Hackathon akan menjaring seluruh potensi generasi muda di Indonesia dan juga dilakukan workshop di berbagai kota besar yang memiliki banyak penggiat industri digital yakni Jakarta, Bandung, Yogja, Malang dan Makassar.

Proses penjaringan peserta akan menggandeng universitas-universitas yang memiliki potensi pengembang aplikasi dan juga pusat-pusat pendidikan yang khusus di bidang IT.

Joddy menambahkan, cara mendaftar kompetisi ini cukup mudah. Peserta mengirimkan konsep dan  prototipe aplikasi melalui portal yang disediakan khusus untuk Telkom Hackaton, kemudian akan disaring mengikuti tahap selanjutnya.

Penilaian final direncanakan akan dilakukan pada tanggal 27-28 Januari 2018. Untuk informasi lebih  lengkap peserta dapat memfollow akun twitter, instagram dan facebook ke @telkomdigital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan