Waspada Bahaya Anging Puting Beliung

jabarekspes.com, SOREANG – Pasca terjadinya angin puting beliung yang menimpa warga di kecamatan Cimaug pada sabtu, 21/10 lalu

Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan melakukan peninjauan lokasi dengan mendatangi semua warga yang terkena bencana.

Menurutnya, kami atas nama pemerintah Kabupaten Bandung turut prihatin atas kejadian tersebut. Bahkan, Pemkab sudah memberikan bantuan kepada para korban melalui dinas terkait.

Gun Gun mengatakan, untuk memperbaii kondisi rumah yang rusak diharapkan agar seluruh warga bergotong royong saling membantu, karena bantuan pemerintah hanya berupa stimulus.

Namun, bila ada warga yang kesulitan, agar sesegera mungkin berkomunikasi dengan pemerintah setempat.

“Saya berharap agar kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua dan korban yang terkena musibah ini diberikan kesabaran,”jelas Gun Gun ketika ditemui dilokasi kemarin (25/10)

Menurutnya, untuk informasi kebencanaan masyarakat harus merujuk pada BPBD. Hal ini dilakukan agar sumber informasi yang masuk, semua ada di bawah kendali BPBD dan tidak berkembang liar.

Gun Gun menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bandung agar tetap meningkatkan kewaspadaan bila terjadi bencana alam. Terlebih, wilayah kabupaten Bandung termasuk memiliki resiko kebencanaan yang tinggi.

Selain itu, warga yang tinggal dilereng-lereng gunung sebaiknya untuk pindah sementara bila keadaan lereng gunung atau bukit tersebut rawan longsor.

Dirinya mengatakan, dibeberapa titik rawan longsor sebetulnya sudah dipetakan oleh BPBD. Dan masyarakat sudah diberikan informasi mengenai kewaspadaan mengenai bencana.

Gun Gun menambahkan, kesiap siagaan menghadapi bencana harus terus dilakukan dengan melakukan koordinasi dan komunikasi antar lemen masyarakat baik pemerinta dan pihak penanggulangan bencana.

“Bencana itu tidak bisa dielakan dan bisa datang kapan saja, namun bila kita waspada akan meminimalisir resiko,”pungkas Gun Gun (Rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan