PAN Usung Jenderal Naga Bonar

jabarekspres.com, Bandung – Partai Amanah Nasional (PAN) mendeklarasikan dan mengusung Deddy Mizwar menjadi calon Gubernur Jawa Barat di Pilgub Jabar 2018. PAN mengklaim, dukungan mereka tanpa syarat atau pun ongkos politik.

Deddy Mizwar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan, pengusungan ini didasari oleh banyaknya organisasi-organisasi terutama Islam termasuk masyarakat Jawa Barat sendiri meminta PAN untuk mendukung Deddy Mizwar. Terlebih lain, banyak pemberitaan ketidakjelasan posisi Dedddy di Pilkada Jabar.

”Atas masukan tersebut, kami (PAN) mengusung Deddy Mizwar maju jadi calon Gubernur Jabar di Pilgub 2018,” tutur Zulkifli di Bandung, kemarin (24/10).

Meski demikian, Zulkifli, pengusungan PAN untuk ”Jenderal Naga Bonar” itu memang belum dituangkan kedalam Surat Keputusan (SK) atau rekomendasi. Yang intinya secara formal dan legal mengusung Deddy Mizwar menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat di Pilgub Jabar 2018. Alasannya, pengusungan ini harus melalui mekanisme dan rapat lanjutan di tingkat Dewan Pimpinan Pusat PAN.

”Tapi yang jelas, PAN dipastikan mengusung Deddy Mizwar dan SK itu akan segera diterbitkan setelah rapat. Termasuk dengan pendeklarasian secara resmi dan besarnya,” jelasnya.

Soal alasan PAN lebih memilih Deddy Mizwar dibanding Desi Ratnasari yang sebelumnya sudah diusung DPW PAN, kata dia, hal itu didasari faktor Desi Ratnasari yang enggan maju karena masih ingin fokus di DPR.

”Sama halnya dengan Bima Arya yang juga lebih memilih fokus bekerja untuk masyarakat Bogor. Sebab,  masa baktinya masih lama dan dia pun ingin lebih menyelesaikan tugasnya di Bogor,” ungkapnya.

Sementara itu, karena kursi tidak cukup di DPRD Jabar, maka praktis PAN tidak bisa mengusung bakal calon sendiri. Alternatifnya, PAN akan berkomunikasi lagi dengan parpol lain untuk membicarakan formulasi koalisi. Termasuk wacana dengan menggunakan koalisi poros baru sebagai kendaraan politiknya.

”Kita tidak bisa sendiri mengusung. Oleh karena itu PAN akan berkomunikasi dengan teman-teman parpol lainnya agar bisa bersama untuk mendukung Demiz (sapaan Deddy Mizwar, Red),” terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Barat PAN Muhammad Najib Qodratullah menegaskan, PAN bersepakat memutuskan mengusung Demiz menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat di Pilgub Jabar nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan