Ingin Ada Kantor Imigrasi di Kabupaten Bandung

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk menambah peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang ingin berpergian keluar negeri keberadaan kantor Imigrasi dirasakan sangat penting untuk didirikan di Kabupaten Bandung.

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, sebetulnya jumlah penduduk di Kabupaten Bandung itu cukup padat. Namun, untuk mengurus keimigrasian harus ke kota Bandung.

“Ini sangat tidak efektif dan memakan waktu, belum lagi harus antri di kantor Imigrasinya,”jelas Gun Gun ketika ditemui kemarin (24/10)

Dirinya menilai, untuk setiap tahunnya banyak dari masyarakat Kabupaten Bandung berpergian keluar negeri. Baik itu dalam rangka ibadah ketanah suci, melanjutkan studi, maupun sebagai tenaga kerja.

Gun Gun menyebutkan, pada tahun ini saja jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bandung mencapai 2.587 orang. Itu belum termasuk jamaah umroh yang biasa diberangkatkan oleh berbagai biro perjalanan.

“Jadi wajar jika Kementrian Hukum dan HAM untuk mempertimbangkan pendirian Kantor Imigrasi di Kabuapten Bandung,”ucap dia.

Salah seorang warga Kecamatan Margaasih, Asep Zikri Abdul Hakim (47) menyambut baik keinginan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan ini.

Pria yang sehari hari bekerja di salah satu biro perjalanan haji dan umroh ini mengaku hampir setiap hari harus mondar mandir antara Kabupaten Bandung dan Kota Bandung untuk mengurus paspor milik calon jemaah umroh dan haji. Bahkan, bisa saja bolak balik bila terjadi kekurangan persyaratan.

“Jarak yang jauh dengan tingkat kemacetan lalu lintas yang tinggi sangat merepotkan dan memakan waktu,”kata Asep. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan