Pendaftar PPK Terbanyak dari Garut

jabarekspres.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat mencatat pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kabupaten Garut menjadi wilayah terbanyak yang mendaftar menjadi petugas PPK.

Berdasarkan catatan, total PPK yang mendaftar ke KPU Jabar mencapai 9.457 orang. Sementara tiga daerah paling banyak mendaftar di antaranya Kabupaten Garut 1.026 orang, Kabupaten Cirebon 936 dan Kabupaten Kuningan 637 orang.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Bidang Sosialisasi dan SDM Nina Yuningsih, pihak KPU nantinya akan melakukan penelitian berkas atau seleksi administrasi atas berkas pendaftaran yang masuk tersebut.

”Dan nantinya hasilnya akan diumumkan pada Rabu (18/10). Kemudian, bagi yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi tertulis yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh KPU, KIP kabupaten, kota se- Jawa Barat,” tuturnya kemarin (17/10).

Dia mengatakan, selama pendaftaran ini tercatat daerah dengan pendaftar terkecil ada di daerah Kota Cimahi dengan hanya 43 orang. Padahal, secara keseluruhan pendaftar yang mendaftarkan diri menjadi PPK ini akan memperebutkan kuota 3.135 PPK se-Jawa Barat atau sekitar 34,2 persen saja yang akan diterima KPU.

Sedangkan untuk data pendaftar dari kelompok jenis kelamin kata Nina, pendaftar calon PPK ini masih didominasi oleh pendaftar yang berjenis kelamin laki-laki yaitu, sekitar 75,75 persen, dan perempuan hanya 24,5 persen.

Kemudian dari aspek usia, kali ini pendafat calon PPK masih didominasi oleh pendaftar yang berusia 26-40 tahun sekitar 50,37 persen. Lebih dari 41 tahun sekitar 29,92 persen, dan usia antara 17-25 tahun hanya 19,71 persen.

Di sisi lain, KPU pun memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas. Dalam Pilkada serentak 2018 ini terdapat pendaftar PPK dengan status penyandang disabilitas yaitu, di Cimahi sebanyak 4 orang dan seorang lagi dari Kabupaten Karawang.

”Untuk Parpol yang mendaftar setiap kabupaten atau kota berjumlah 16 sampai 18 parpol. Sampai saat ini sudah mendapatkan TT atau memenuhi syarat, dan ada juga yang masih dalam proses pemeriksaan,” tandasnya. (mg2/rie)

Tinggalkan Balasan