oleh

Jurig Runtah, Spontanitas Terjun ke Gorong-gorong

jabarekspres.com, SOREANG – Keberadaan gorong-gorong bagi komunitas Jurig Runtah sepertinya, sudah menjadi tempat akrab dalam menggeluti masalah lingkungan di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Salah satu penggagas Komunistas Jurig Runtah Wisnu Swardana mengatakan, kegiatan mencari sampah dikolong gorong-gorong sebetulnya, sudah dia lakukan sejak dulu. Hal ini, semata-mata sebagai kepedulian atas keberadaan drainase yang setiap hujan datang selalu menyebabkan banjir.

Menurutnya, diambil nama Jurig Runtah sebetulnya hanya istilah saja. Sebab, dalam melakukan aktivitas kegiatan Wisnu dan kawan-kawan tidak pernah meminta pamrih sedikitpun. Bahkan, dia bersama anggotanya secara sukarela membersihkan drainase yang menyumbat atas kepedulian sendiri.

“Saya mah awalnya spontanitas saja kang tidak ada yang nyuruh-nturuh ataupun minta dibayar, ini murni kegiatan saya saja,”ucap Wisnu ketika ditemui dilokasi kemarin (15/10)

Dia mengaku, apa yang dilakukannya pada awalnya banyak orang yang tidak peduli. malah, tidak sedikit mencemooh kegiatan tersebut sebagai tindakan mencari sensasi saja. Namun, setelah hujan menjadi penyebab banjir Cilencang banyak dari masyarakat sadar bahwa, yang dikerjakan komunitasnya tersebut memiliki manfaat bagi orang banyak.

Atas aksi dan kegiatannya tersebut Komunitasnya telah memiliki anggota mencapai puluhan orang yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Bandung.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga