Eco Marathon Sajikan Pesona Alam Perkebunan Teh

jabarekspres.com, PANGALENGAN – Ribuan peserta dari berbagai kota di seluruh Indonesia dan mancanegara mengikuti event West Java Festival Eco Marathon, Ahad (15/10)

Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di Jawa Barat dipusatkan dilapangan Tanara dengan latar pegunungan dan perkebunan teh.

Para peserta untuk kategori 42K sudah terlebih dahulu memulai start sekitar pukul 05.30 WIB, sementara itu peserta kategori 21K memulai garis start sekitar pukul 06.30 WIB. Sedangkan, peserta dari kategori 10K memulai start sekitar pukul 07.00 dan 5K pukul 07.05 WIB.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Netty Heryawan ini. sebagian peserta 5K merupakan pelajar dan remaja.

Sebelum secara simbolis membuka garis start peserta 10K, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengungkapkan kegiatan West Java Eco Marathon 2017 merupakan kegiatan yang pertama kali di dunia diselenggarakan di alam terbuka.

“Ini terobosan baru melaksanakan marathon tetapi tempatnya tidak biasa dengan alam (pegunungan dan kebun teh. Ini baru pertama kali diselenggarakan didunia,” ujarnya di lapangan Tanara, kemarin (15/10).

Menurutnya, kegiatan marathon akan melewati perkebunan teh Malabar milik PTPN VIII dengan dikelilingi oleh pengunungan. Bahkan, produk teh tersebut merupakan salah satu produk agro yang beredar internasional dari Provinsi Jawa Barat.

“70 persen teh beredar di Indonesia berasal dari Jawa Barat. Termasuk sekarang pusat Kopi terbaik berasal dari Jawa Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Netty Heryawan yang juga menjadi peserta Eco Marathon kategori 10K mengungkapkan kegiatan West Eco Marathon 2017 memiliki nilai lebih karena tersemat kata eco pada awal kata marathon.

Oleh karena itu dirinya berharap peserta menjaga lingkungan dan jangan sampai ada sampah, limbah yang ditinggalkan.

Sementara itu, salah seorang peserta marathon asal Perancis, Camillract (26) mengaku senang mengikuti kegiatan marathon. Apalagi katanya, baru pertama kali marathon yang di wilayah pegunungan dan perkebunan the.

“Senang ikut event ini. Pemandangannya enak dan beda naik turun,” ujarnya

Ia bersama kekasihnya, Tibo (27) mengaku mengikuti marathon kategori 21K. Sebelumnya ia yang sudah dua tahun berada di Jakarta telah mengikuti kegiatan marathon di Magelang, Ceremai dan Ijen.

Tinggalkan Balasan