Koramil Lanjut Citarum Bestari

jabarekspres.com, BANDUNG – Koramil 1802/Cibeunying terus menggelar karbak Citarum Bestari. Menurut Danramil Mayor Inf Engkos Kosim, kegiatan itu digelar untuk menciptakan sungai Citarum dan anak-anaknya bersih di samping memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya yang berada dekat bantaran sungai agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Danramil lebih lanjut mengatakan kegiatan Citarum Bestari kembali dikerjakan karena merupakan program dari provinsi Jawa Barat. Dalam pelaksanaan di lapangan, kata dia, dikerjakan Koramil dan kecamatan serta kelurahan

”Kita lakukan bersih-bersih sungai seminggu Tiga kali yakni Selasa, Kamis dan Jum’at. Selain itu, ada kegiatan sosialisasi dari Danramil, Wadanramil, Babinsa kepada warga dan juga patroli sungai oleh Babinsa,” kata Danramil Mayor Inf Engkos Kosim, saat apel kesiapan Karya Bakti, kemarin (12/10).

Danramil mengatakan, tujuan Karbak ini untuk membersihkan sungai di Kota Bandung, khususnya Sungai Cidurian. Pada program Citarum Bestari, Koramil 1802/Cibeunying masuk dalam sektor B7 yang bertanggung jawab dalam pembersihan sungai Cidurian.

Menurutnya, bersih-bersih Sungai Cidurian oleh Koramil 1802/Cibeunying bersama kecamatan Cibeunying Kidul dan Cibeunying Kaler sudah dimulai sejak 18 September hingga akhir Desember 2017. ”Hari ini sasaran pengerjaan bertempat di wilayah Rw.10 Kelurahan Cigadung,” tuturnya.

Sungai Cidurian merupakan sungai terpanjang kedua setelah Sungai Cikapundung dengan panjang 24,86 km yang melintasi 16 kelurahan diantaranya Kelurahan Padasuka, Cigadung, Neglasari dan Sukapada yang masuk pada wilayah Koramil 1802/Cibeunying.

Pada pelaksanaan Karbak ini melibatkan Koramil 1802/Cibeunying, Kikav, Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan ( DLHK ) Kota Bandung, Kelurahan Cigadung, Trantib Kecamatan Cibeunying Kaler, Gober gabungan kelurahan dan masyarakat sekitar bantaran sungai.

Hadir pada kegiatan tersebut Tim Wasdal Letkol Arm Fairil Wazdi, Danramil 1802/Cibeunying Mayor Inf Engkos Kosim, Wadanramil Kapten Inf Tabroni, Batih Bhakti TNI Pelda Nuralam, Babinsa Cigadung Sertu Agus, Lurah Cigadung Gungun Gunawan. Kegiatan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman. (nif/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan