Kemen PANRB Move On ke Zona Kompetitif

Command center ini dilengkapi berbagai aplikasi dan perangkat berbasis teknologi informasi dengan dukungan data up to date dan terintegrasi, sehingga menjadikannya  sebagai tempat strategis. ”Command Center juga dilengkapi berbagai fitur penting seperti: data spasial, visualisasi data multi layer, dan ruang rapat dengan dukungan big screen,” ujarnya.

Sedangkan e-Office PANRB SMART, lanjut Atmaji, adalah sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha. SMART merupakan kependekan dari Sigap, Melayani, Amanah, Ramah dan Teliti. ”Dengan sistem ini, semua layanan administrasi dapat dilakukan melalui satu pintu,” kata dia.

E-Office PANRB SMART ini memiliki karakteristik menarik,  yakni fungsi checker, maker dan signer, dapat approval di mana saja, kemudahan akses dari berbagai tempat dan perangkat, statistik kehadiran pegawai dan tamu, reservasi ruang rapat dilakukan secara elektronik, dan siap diintegrasikan dengan aplikasi e-Office nasional.

Berikutnya adalah e-Salam (Sistem Aplikasi Layanan Kementerian PANRB), yakni aplikasi layanan Kementerian PANRB berbasis web dan terintegrasi. Fungsinya, untuk memberikan informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat kepada seluruh stakeholders mengenai perkembangan proses berbagai layanan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Dengan pelayanan yang transparan, cepat dan akuntabel berbasis elektronik ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan stakeholders terhadap layanan yang diberikan Kementerian PANRB.

Layanan e-Salam meliputi penetapan tunjangan kinerja, penataan kelembagaan, persetujuan hari dan jam kerja, izin prinsip pakaian dinas, penetapan tunjangan fungsional, penetapan kelas jabatan, penetapan hak keuangan pimpinan/anggota LNS, penetapan tunjangan jabatan fungsional, dan narasumber bimtek/sosialisasi.

Aplikasi e-Karpeg, adalah kartu identitas multifungsi. Selain berfungsi sebagai kartu identitas pegawai, e-Karpeg pun dapat digunakan untuk akses ruangan kerja, ATM serta dilengkapi fasilitas uang elektronik.

Sedangkan e-Data merupakan inovasi untuk mengintegrasikan data pegawai Kementerian PANRB dengan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta data Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen). ”E-Data menjadikan dinamika data pegawai langsung terekam secara real time. Menjelang masa purna bhakti, semuanya sudah disiapkan sehingga pegawai tidak lagi kebingungan dalam mengurus pensiunnya,” lanjut Atmaji.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan