Pemkab Akan Miliki Agenda Budaya

jabarekspres.com, SOREANG – Dalam waktu dekat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung tengah merancan untuk membuat Event rutin berupa pertunjukan kolosal untuk memikat wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Disbudpar Kab Bandung Agus Firman, mengatakan, event pertunjukan tersebut bakal digelar di Gedung Budaya Sabilulungan (GBS) . Bahkan, evet tersebut akan dijadikan agenda rutin seminggu sekali.

“Pembahasan masih kami lakukan dengan para stakeholder terkait, tentang rencana pagelaran seni dan budaya apa saja yang akan ditampilkan,”jelas Agus ketika ditemui kemarin (27/9)

Menurutnya, tujuan diadakan even budaya diharapkan dapat menarik wisatawan sekaligus menjadi wadah tempat berkumpulnya para seniman dan budayawan daerah.

“Seniman harus diberikan tempat sekaligus untuk menghibur wisatawan yang melancong ke Kabupaten Bandung khususnya yang berwisata ke Bandung selatan,” kata dia

Setelah konsepnya beres, lanjut Agus, program ini akan mulai dilaksanakan 2018. Pihaknya berkeinginan pementasan tersebut mencontoh Saung Angklung Udjo atau Festival Kesenian Bali atau yang digelar rutin

“Nanti pertunjukannya di GBS secara berkesinambungan seminggu sekali, yang kita harapkan bisa jadi icon pertunjukan seni budaya yang berkelas di Kabupaten Bandung sehingga menjadi daya tarik khas bagi para wisatawan, selain untuk menampilkan kekayaan khasanah budaya Jawa Barat,” ungkapnya.

Agus menerangkan, kali ini pihaknya sedang melakukan perekrutan banyak penari dan seniman multitalenta serta penggiat budaya. Beberapa tarian yang akan ditampilkan, diantaranya tari jaipongan dan Tari Keurseus. “Bukan pertunjukan seni budaya saja, tapi juga akan disajikan kuliner khas Kabupaten Bandung dan Jawa Barat,” paparnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan