Sinergitas untuk Atasi Kemiskinan

“Terdapat beberapa srategi yang harus dijalankan secara integratif, seperti pendekatan berbasis hak (pemenuhan kebutuhan dasar) dan perlakuan bagi mereka agar bisa hidup lebih bermartabat,” katanya.

Lebih lanjut dia mengurai, strategi bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dari kondisi saat ini dibutuhkan peningkatan untuk jaminan sosial, bansos, asuransi sukarela, infrastruktur dan sarana pelayanan publik yang memadai,

“ Peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta perluasan dan peningkatan kesempatan kerja juga akan terus diupayakan,” tuturnya.

Vivi menilai peningkatan kebijakan tadi, akan menyasar 40 persen penduduk termiskin di Indonesia, melalui jaminan sosial tepat sasaran, pemenuhan kebutuhan dasar dan perluasan akses usaha kecil dan koperasi.

“Kami siapkan penyaluran bantuan sosial melalui kartu kombo (tunai dan non tunai) untuk mendukung inklusi keuangan, seperti untuk PKH, bantuan pendidikan, Rastra, bantuan kesehatan, subsidi energi dan perluasan kepesertaan jaminan kesehatan sosial,” paparnya. (yul/yan)

Tinggalkan Balasan