Sekda Kota Bandung Ajak Warga Bangun Wilayah

jabarekspres.com, BANDUNG – Membangun kota perlu partisipasi masyarakat dan pemerintah yang sinergis. Disebutkan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, ciri kota yang maju yakni meningkatnya partisipasi warga dalam semua aspek di antaranya pembangunan kewilayahan.

”Salah satu dampak dari modernisasi dan globalisasi adalah meningkatnya partisipasi warga dalam pembangunan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Bandung sudah 2,5 tahun menggalakan program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK),” tutur Sekda Kota Bandung Yossi Irianto di Gedung Serbaguna Kecamatan Cinambo, Sabtu (16/9).

Ditambahkannya partisipasi masyarakat tidak hanya sebatas objek tetapi juga subjek yang turut serta merancang, melaksanakan, bahkan mengendalikan pembangunan. ”Semua turut instrumen masyarakat harus turut andil dan punya peran serta masing masing dalam membangun wilayahnya,” jelasnya.

Dalam dua tahun terakhir, Yossi menilai perkembangan PIPPK baik walau dari sisi penyerapan anggaran masih perlu pemahaman bersama antara Lurah dan Camat. Tahun 2018 mendatang, pihaknya memiliki keinginan kuat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan swakelola tersebut.

Berdasarkan evaluasi, Yossi juga megatakan, kehadiran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sudah dirasakan manfaatnya dan masyarakat juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap pembangunan. Dia menegaskan, dalam hal ini masyarakatlah yang berkontribusi membangun bersama dan LPM hanyalah lembaganya.

Camat Cinambo Dadang Iriadi menjelaskan, penyerapan anggaran PIPPK di tingkat lewilayahan khusunya di Kecamatan Cinambo Kota Bandung akan terus ia upayakan untuk terus terserap. ”Di kecamatan Cinambo Penyerapan anggaran PIPPK memang masih rangking 20 se Kota Bandung, kedepannya penyerapan anggaran PIPPK ini akan terus kita tingkatkan untuk pemerataan pembangunan Di tingkat Wilayah Cinambo,” jelasnya. (hms/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan