HUT ke-72 TNI, Kodam Rehab Rumah Tidak Layak Huni

jabarekspres.com, BANDUNG – Memperingati hari jadi ke-72 TNI Kodam III/Siliwangi menggandeng Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) menggelar Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) untuk Veteran.

Dikatakan Dandim 0618/BS Letkol Inf Arfin Dahlan, program tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dan TNI ke Veteran. Dalam pelaksanaannya, program ini diserahkan Kodim dan Koramil sebagai komando kewilayahan.

”Untuk tahun ini Koramil 1802/Cibeunying merenovasi 5 rumah. Untuk tahap pertama, saat ini sudah mulai dikerjakan dua rumah yakni rumah bapak Onih di RT 2/6 Gang Pesantren Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler dan rumah bapak Samsudi di RT 2/5 jalan Pesantren Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler,” ujar Dandim 0618/BS Letkol Inf Arfin Dahlan didampingi Danramil 1802/Cibeunying Mayor Inf Engkos Kosim saat melakukan peninjauan ke lokasi Rutilahu Veteran, seperti siaran pers yang diterima redaksi, kemarin (14/9).

Tiga rumah sisanya sebut Dandim, akan dikerjakan pada tahap berikutnya. ”Saya berharap Danramil dan Babinsa agar selalu dekat dengan rakyat dan selalu bantu kesulitan masyarakat. Semoga apa di kerjakan oleh akan memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat dan menjadikan ibadah,” tandasnya.

Sementara itu kegiatan serupa juga di lakukan Kodim 0610/Sumedang, mereka berencana akan merenovasi rumah janda berumur 80 tahun di Dusun Margalaksana RT 01/8 Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarapih, Kabupaten Sumedang. Acih, janda ditinggal mati yang beruntung itu, mengaku kaget rumahnya akan direnovasi. ”Selama ini saya menggantungkan hidup dari belas kasihan tetangga, karena seumur hidup saya setelah ditinggal suami sekitar 30 tahun lalu dan dikarunia anak dua orang akan, tetapi mereka juga telah meninggal sejak dilahirkan,” ujar Acih.

Rumahn Acih saat ini berukuran 2×5 meter, rencananya akan direhab menjadi lebih luas 4×6 meter, disesuaikan dengan ukuran tanahnya. ”Bahwa secara faktual penunjukan rumah yang layak untuk di Rutilahu bukan atas kehendak atau permintaan pemilik rumah tersebut. Akan tetapi berdasarkan hasil survey dan pengajuan dari aparat desa setempat yang dianggap paling memenuhi kriteria untuk direhab,” kata Letkol Arm I Made Mertha Yasa,S.Sos sebagai Dansatgas TMMD ke 100 di Kab Sumedang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan