Unjani Bentuk Pembinaan Karakter Mahasiswa Baru

jabarekspres.com, CIMAHI – Mahasiswa baru di Universitas Jendral Ahmad Yani (Unjani) wajib mengikuti kegiatan Program Pengenalan Studi (PPS). Sebab PPS bertujuan membina dan membentuk karakter bagi mahasiswa baru agar menjadi mahasiswa yang muda dalam usia namun dewasa dalam berfikir, bersikap dan bertindak serta bertanggung jawab.

Hal itu dikatakan, Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi Unjani, Adi Mulyono dalam sambutannya di Aula Sasana Krida Unjani, Jalan Terusan Sudirman kemarin (24/8).

Menurut Mulyono, dalam kegiatan PPS jangan sampai ada tindak kekerasan dan bullying yang dilakukan senior terhadap juniornya, sehingga kegiatan dapat berjalan lancar aman dan tertib.

“Saya minta tidak ada tidak kekeraan dalam kegiatan ini, setiap pelaku kekerasan akan mendapat sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Rektor Unjani Mayjen TNI Witjaksono, mengatakan setiap tahunnya minat mahasiswa baru untuk melanjutkan studi di Universitas Jendral Achmad Yani dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Untuk tahun ini saja, sudah ada 14 ribu mahasiwa yang mendaftar ke Unjani, namun yang diterima hanya 3.500 mahasiswa.

“Penyesuaian itu kita lakukan dalam rangka menjaga rasio ideal. Sekarang dengan ada tambahan lahan seluas 18.972 meter persegi tentu memberikan optimisme terhadap progresifitas kemajuan Unjani di masa yang akan datang,” tuturnya.

Witjaksono menambahkan, pihaknya juga akan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi agar para lulusan Unjani tidak hanya dibekali dengan gelar kesarjanaan bidang akademik semata. Tapi lulusan Unjani juga harus dibekali dengan kemampuan vokasional dan ketrampilan.

“Kami akan bekerjasama dengan industri dan asosiasi profesi agar mereka bisa mendapatkan sertifikat sesuai arahan dari Kemenristek-Diktik,” pungkasnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan