Delapan Layanan Mudah Bayar Pajak

Melalui Samling ini dapat memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan, dan mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak sehingga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

  • SAMSAT GENDONG (SAMDONG)

Melayani masyarakat hingga pelosok. Begitulah tujuan layanan ini. Salah satu inovasi dari Bapenda Jabar yang berawal dari diperlukannya pembayaran PKB, PNBP, SWDKLLJ dan pengesahan STNK yang dapat menjangkau daerah ataupun wilayah yang tidak terjangkau oleh pelayanan Samsat Induk maupun Samsat Keliling.

Petugas dari Bapenda Jabar dan Kepolisian akan membawa peralatan samsat yang telah diminimalisir sehingga masuk ke dalam tas gendong ke lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang ada di satu wilayah seperti balai RW dan balai desa.

Dengan adanya layanan Samsat Gendong maka pelayanan samsat akan lebih dekat kepada masyarakat sehingga akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Saat ini terdapat 68 unit Samsat Gendong yang ada di Provinsi Jawa Barat.

  • SAMSAT OUTLET

Layanan bagi wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran PKB, PNBP, SWDKLLJ dan pengesahan STNK yang tempat pelaksanaannya di sentra-sentra perbelanjaan / pusat kegiatan masyarakat. Terdapat 42 buah Samsat outlet yang tersebar di seluruh wilayah Jawa barat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

  • SAMSAT DRIVE THRU

Layanan pembayaran PKB, PNBP, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK yang tempat pelaksanaannya memungkinkan pemilik kendaraan atau wajib pajak melakukan transaksi tanpa harus turun dari kendaraan.

Dengan layanan drive thru ini maka pembayaran PKB lebih cepat, dan lebih praktis karena wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan dan tidak perlu memarkirkan kendaraannya. Saat ini, baru ada 2 buah Samsat Drive Thru yang terdapat di Samsat Bandung Timur dan Samsat Cibinong.

  • SAMSAT MASUK DESA (SAMADES)

Sarana pembayaran PKB, PNBP, SWDKLLJ dan pengesahan STNK untuk masyarakat pedesaan yang dekat dengan lingkungan tempat tinggalnya. Layanan dapat dilakukan di kantor desa yang bekerja sama dengan samsat.

Saat ini baru ada tiga layanan Samades yang ada, yaitu Desa Padaherang di Kabupaten Pangandaran, Patrol di Kabupaten Indramayu, dan Desa Parung Kabupaten Bogor. (and)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan