Burangrang Bisa Jadi Kampung Seni

jabarekspres.com, BANDUNG – Kegemberaan warga Kota Bandung dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 dilakukan dengan beragam cara. Salahsatunya dengan mengadakan sejumlah perlombaan dan karnval serta hiburan rakyat.

Seperti yang dilakukan di Kelurahan Burangrang Kecamatan Lengkong. Ada yang unik jenis kegiatan perlombaan di kelurahan tersebut yakni lomba ”karnaval jampana”.

HUT-RI-burangrang
BAWA TUPENG: Ibu ibu membawa tumpeng yang bisa dimakan satu RT saking besarnya. Tumpeng tersebut merupakan bagian dari karnaval HUT RI di Burangrang.

Acara dibuka langsung Camat Lengkong, Agus Mulyadi. Pantauan Jabar Ekspres, usai pembukaan warga terlihat antusias untuk menonton langsung karnaval. Dalam sambutannya dia menyebutkan, jika pesta Agustusan merupakan pesta, ekspresi rakyat. Itu terlihat dari kegiatan lomba jampana dengan mengusung budaya Sunda yang lebih kental di sebuah kota yang homogen seperti Bandung. ”Ini mesti kita apresiasi, mungkin ini bisa jadi cikal bakalnya membuat kampung seni di kelurahan Burangrang,” ungkapnya.

Agus juga mengharapkan dengan momentum itu akan menambah semangat untuk bekerja keras, tuntas, ikhlas dan berkualitas untuk Bandung juara.

Di lokasi sama lurah Burangrang Jafar Solihin menuturkan tujuan diadakannya karnaval jampana, selain untuk memperingati HUT RI ke 72 dan untuk menyongsong hari jadi kota Bandung, juga mengajak masyarakat untuk bisa selalu melestarikan budaya Sunda walaupun mungkin kegiatan lomba jampana memang bukan untuk yang pertama kali diadakan di keluraha Burangrang. ”Saya mengharapkan kegiatan ini jangan sampai putus sampai di sini saja, tapi bisa terus diadakan di tiap tahunnya,”

Lebih lanjut Jafar mengatakan dengan adanya karnaval jampana, bisa dijadikan cara dalam melestarikan budaya Sunda, dan mengajak masyarakat di momen peringatan kemerdekaan Republik Indonesia untuk lebih maju, kondusif.

”Menjadikan generasi muda yang kreatif dan inovatif jauh dari narkoba, karena penjajah di saat ini adalah salah satunya narkoba. Narkoba bisa melumpuhkan generasi penerus, seperti anak-anak muda, karena kalau anak mudanya sudah lumpuh maka tidak ada yang bisa di harapkan lagi,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan