oleh

Risiko Bencana di Cimahi Tinggi

jabarekspres.com, CIMAHI– Cimahi merupakan salah satu kota yang termasuk dengan angka resiko tinggi bencana yang disebabkan oleh banjir yang kerap terjadi di daerah Cimahi Selatan.

Hal itu dikatakan Deputi logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), Rudi Phadmanto di sela-sela pelaksanaan kegiatan sosialisasi Penerapan Rancang Bangun Tahan Bencana (PRBTB), di Pandiga, Jalan Sirnarasa, Kota Cimahi, kemarin (10/2).

Menurut Rudi, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan BNPB di setiap daerah, dapat dijadikan bahan bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meningkatkan mitigasi atau kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

“Bencana tidak pernah bisa diduga, makanya dari awal harus sudah terindetifikasi dan di informasikan kepada masyarakat agar bisa menghindari bencana itu semua,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebaiknya masyarakat diberikan pengenalan mengenai manajemen penanggulangan bencana. Sebab dengan mengetahui hal tersebut masyarakat akan memiliki kesadaran terhadap pencegahan dan penanggulangannya.

“Cimahi termasuk sedang, tapi angkanya resiko bencananya cukup tinggi,” jelasnya.

Selain bencana banjir di Cimahi Selatan, Kota Cimahi pun mempunyai wilayah Cimahi Utara dimana daerah tersebut masuk ke dalam wilayah yang beresiko gempa cukup tinggi. Sehingga di wilayah tersebut sebaiknya masyarakat membangun tempat tinggalnya dengan menggunakan model rumah yang diusulkan oleh Kementrian PUPR.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga