West Java Usik Festival Jabar

jabarekspres.com, SOREANG – Kontingen ibing pencak silat yang tergabung di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Persatuan Pencak silat Seluruh Indonesia (PPSI) Kabupaten Bandung siap mengikuti ajang festival west Java tingkat Provinsi Jawa Barat 2017, yang akan digelar di taman budaya kota Bandung agustus sekarang.

Manager Team Pencak Silat Kabupaten Bandung, Adi Prayoga mengatakan, setelah melakukan seleksi dari beberapa paguron se-Kabupaten Bandung dan persiapan selama satu bulan, terjaring 22 atlit. Mereka berusia dini sampai dewasa, untuk membuktikan yang terbaik di ajang festival nanti.
“Alhamdulillah pencak silat Kabupaten Bandung, bisa mengikuti festival west java yang digagas Pemprov Jabar dan diakui oleh Unisco,” kata Adi prayoga kepada wartawan di Soreang, kemarin (8/8)

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Bandung atau Provinsi Jabar mempunyai event baru dibawah naungan dinas Pariwisata dan Budaya. Hal itu dalam rangkaian mensuksekan dan mempertahankan warisan budaya pencak silat yang diakui Unisco. Sehingga Pemprov Jabar memiliki inisiatif mengadakan event West Java Usik festival yang pertama dilaksanakan tahun 2017 dan diikuti oleh 27 kota/kabupaten.

“Alhamdulillah Kabupaten Bandung menjadi salah satu team yang pertama kali mendapatkan kabar, karena perwakilan yang berangkat ke Perancis itu kebanyakan pesilat dari Kabupaten Bandung,” akunya

Lebih lanjut Adi mengatakan, peran IPSI dan PPSI hanya menyeleksi dan menjaring pesilat yang akan diberangkatkan atas saran dan binaan dari dinas terkait. Karena dinas tidak memiliki anggaran untuk membiayai kegiatan tersebut, sehingga Ketua IPSI secara inisiatif mengambil walau mengeluarkan anggaran sendiri.

“Karena tidak ada anggaran APBD, dinas mengaeahkan kepada Ketua IPSI dan PPSI. Sehingga pak Suminta, selaku ketua IPSI berinisiatif untuk mengkoordinir, agar pesilat kabupaten bandung bisa mengikuti event tersebut,” tuturnya

Adi mengaku, atas inisiatif Ketua IPSI Kabupaten Bandung, untuk melakukan penjaringan pesilat agar bisa mengikuti event yang digelar pertama kali oleh Pemprov Jabar. Sekaligus menunjuk dirinya sebagai manager team pencak silat Kabupaten Bandung untuk mendampingi kegiatan yang akan dilaksanakan 10-13 Agustus nanti.

“Secara jujur selama tahapan persiapan, seleksi sampai rencana pemberangkatan murni tidak menggunakan anggaran APBD. Semua resiko adminitrasi di tanggung oleh ketua IPSI,” kata Adi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan