Asah Kemampuan Linmas Dilatih Tehnik Rescue.

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk membekali kemampuan dalam memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan dan Bencana puluhan anggota Pelindungan masyarakat (Linmas) mendapat pembinaan langsung mngenai tehnik Rescue dari Koramil 0912/Soreang

Camat Soreang Rusli Baijuri mengatakan, puluhan anggota Linmas mengikuti pelatihan mengenai tehnik Water Rescue di Sungai Cikerecek Ciwidey. Bahkan, melatih kesigapan dan sikap anggota Linmas juga dilatih baris berbaris.

Menurutnya, pelatihan langsung dilakukan di sungai dengan tujuan seperti kondisi sebenarnya ketika terjadi banjir bandang .Sehingga, skenario penyelematan dibuat untuk menyelamatkan korban hanyut sungai dengan di aliran deras.

“Kita buat seperti kejadian sebenarnya, dan dalam tehnik penyelamatan setiap anggota memiliki peran yang berbeda-beda,”jelas Rusli ketika ditemui kemarin (4/8)

Menurutnya, pelatihan ini sangat perlu diberikan kepada para linmas.Sebab, sebagai pelaksana ketertiban setiap anggota Linmas harus berada ditengah masyarakat.

Selain itu, pemberian praktek pertolongan bukan saja diberikan bagaimana cara menolong korban hanyut. Tetapi, anggota Linmas harus mampu mengindentikasi kondisi korban. Sehingga, dapat diambil tindakan dengan cepat dan tepat.

“Jadi harus tahu mana korban pingsan, korban meninggal, dan korban luka-luka, ini ada tehniknya juga,”cetus dia

Sementara itu Pejabat Sementara Koramil 0912/Soreang Lettu Inf. Pupu Subarna mengatakan, Linmas harus siap siaga dalam melakukan pertolongan korban banjir bandang yang terbawa arus sungai.

“Saat terjadi bencana alam salahsatunya banjir bandang, mereka mengetahui tata cara pertolongan pertama dan pasca bencana,” kata dia

Sementara itu, salahsatu Anggota Linmas Desa Sukajadi Indra (41) mengaku senang bisa mendapatkan pelatihan water rescue. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat penting bagi para Linmas di Desa Sukajadi.

“Tujuannya penting, untuk mendapat pengetahuan cara menyelamatkan korban hanyut di aliran sungai, jadi tahu caranya,” jelas dia (yan/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan