Terapkan Kuis Kesehatan Berbasis Teknologi

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat tengah merancang aplikasi game berbasis android dengan pertanyaan seputar wawasan kesehatan diberi nama kuis “interaktif anak sehat”. Dengan begitu, anak-anak akan lebih memahami seputar kesehatan yang terjadi di lingkungan masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati menuturkan, tujuan dibuatnya kuis yang diperuntukan bagi segmen siswa SD/SMP/SMA ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan pelajar. “Selain itu anak-anak bisa lebih cepat memahami melalui kuis ini. Berbeda bila disampaikan secara formal terkadang anak-anak tidak fokus dan memahaminya,” katanya di Ngamprah, kemarin.

Selain itu, ujar Pupu, melalui aplikasi dan kuis ini, diharapkan tidak membuat siswa jenuh. Bahkan, siswa akan jauh lebih aktif dalam mengikuti kuis tersebut. Diakuinya, selama ini pihaknya berusaha mencari cara pendekatan ke masyarakat yang efektif. Untuk menyampaikan program-program kesehatan melalui pemanfaatan aplikasi teknologi sehingga tidak monoton. “Ide-ide seperti ini sudah kita cari jauh-jauh hari. Mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikannya dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Pupu menyebutkan, kuis ini berisi konten pertanyaan yang ada kaitannya dengan kesehatan. Pertanyaan dikombinasikan dengan gambar sehingga membuat siswa tertarik. Setiap pertanyaan memikiki tingkat kesulitan yang berbeda-beda hingga level paling tinggi. “Mekanismenya mirip dengan kuis Who Wants To Be A Millionaire hanya konten pertanyaan dan isinya yang kami ubah,” ujarnya.

Lebih jauh Pupu menjelaskan, pertanyaan dalam kuis interaktif ini dari mulai level satu sampai level sembilan. Untuk level satu sampai tiga masing-masing level ada tiga pertanyaan, kemudian level empat sampai delapan di setiap levelnya ada dua pertanyaan, dan untuk level sembilan hanya ada satu pertanyaan. “Untuk level sembilan itu adalah pertanyaan yang paling sulit,” ujarnya.

Sekarang kuis ini sedang diujicobakan dan nantinya akan diupload di playstore sehingga bisa didownload. Sebab untuk soal-soalnya harus dianalisis sesuai dengan kriteria atau tidak karena tercatat ada 300 soal dan 50 gambar. “Kita siapkan secara matang agar nantinya permainan kuis ini memang dapat diminati oleh orang banyak,” tandasnya. (drx/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan