Disnakan Siapkan 15 Ribu Kalung Sehat

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat menyiapkan 15 ribu kalung sehat dan layak sebagai tanda terhadap hewan kurban menghadapi Hari Raya Idul Adha 2017. “Kalung sehat akan kita siapkan. Nanti kita sebar agar masyarakat mudah memilih hewan yang layak untuk kurban,” kata Kepala Disnakan KBB Undang Husni Thamrin di Ngamprah, kemarin.

Undang menyebutkan, tahun ini ada 9 ribu kambing/domba dan 2 ribu sapi yang akan dikurbankan. Ketersedian hewan kurban sudah mencukupi di Kabupaten Bandung Barat. Itu dapat terlihat dari jumlah populasi sapi perah yang mencapai 38 ribu, sapi potong 6.500 ekor, kerbau 3.671 ekor dan domba/kambing sebanyak 455 ribu ekor. “Itu berdasarkan data 2016 lalu. Artinya baik untuk kurban dan kebutuhan konsumsi sehari-hari masih sangat mencukupi,” ungkapnya.

Untuk memberikan hewan kurban yang sehat, kata dia, pemerintah akan memperketat pengawasan terhadap hewan ternak, khususnya kambing dan sapi. Sebab, tingginya angka sapi dan kambing menjelang Iduladha membuat hewan ternak rawan tertular penyakit. Itu akan dilakukan dengan memeriksa kesehatan hewan kurban secara intensif untuk mencegah peredaran hewan kurban yang berpenyakit. “Pemeriksaan akan kita lakukan termasuk turun ke lapangan. Kita ingin agar hewan kurban semuanya terbebas dari penyakit,” ujarnya.

Diakui Undang, adanya perdagangan lintas ternak antar daerah biasanya rawan memicu terjadinya penularan penyakit hewan. Sementara pemeriksaan hewan kurban tersebut akan dilakukan dua minggu sebelum hari Hari Raya Iduladha. “Karena penyakit ini sangat rawan sekali sehingga dibutuhkan pemeriksaan yang ketat,” jelasnya.

Undang juga menegaskan, bahwa seluruh hewan ternak yang masuk ke KBB wajib disertai dengan surat pengantar dari daerah pemasok. Hal itu sebagai upaya pencegahan. “Jelas surat-surat harus lengkap karena itu salah satu bentuk pengawasan agar memperketat masuknya hewan berpenyakit,” ungkapnya. (drx/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan