Semua Anak Harus Ikut Vaksin MR

jabarekspres.com, JAKARTA – Pencanangan imunisasi measles-rubella (MR) yang dilakukan di MTS 10 Sleman Jogjakarta, kemarin (1/8) dihadiri Presiden Joko Widodo. Tidak hanya di Jogja, acara serupa juga dilakukan di seluruh Pulau Jawa. Bulan ini tim imunisasi MR akan menyasar siswa di sekolah yang terdaftar di Kemendikbud.

Acara pencanangan dimulai pukul 08.00. Jokowi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Deputi CEO GAVI Anuradha Gupta, Kepala Perwakilan WHO untuk Indonesia Jihane Tawilah, dan Kepala Perwakilan UNICEF Gunilla Olsson menyaksikan langsung pemberian imunisasi. Dari 383 siswa di MTS 10 Sleman, hanya satu siswa yang tidak diimunisasi. Alasannya karena sakit.

”Imunisasi terbukti telah berhasil mewujudkan Indonesia bebas dari berbagai penyakit. Diantaranya cacar, polio, dan tetanus,” tutur Jokowi dalam sambutannya.

Menurutnya dengan memberikan vaksin MR ini, berarti telah memberikan perlindungan terhadap anak-anak dari penyakit rubella dan campak atau measles.

Jokowi menambahkan jika program imunisasi, peningkatan status gizi masyarakat, dan program lingkungan sehat harus diutamakan. Tujuannya agar untuk mengurangi pasien yang berobat dan pembiayaan kesehatan semakin efisien. ”Saya serukan agar semua anak Indonesia dibawa ke pos pelayanan imunisasi terdekat untuk memperoleh imunisasi MR,” ucap Jokowi.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menambahkan jika pencanangan ini akan diikuti perlahian pemakaian vaksin campak menjadi vaksin MR ke dalam program imunisasi dasar. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan imunisasi campak sebagai imunisasi dasar. Dengan adanya pengubahan vaksin tersebut berarti dalam satu kali suntik terdapat dua vaksin.

”Imunisasi MR memberikan perlindungan anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelaianan jantung, dan retardasi mental,” kata Nila. Kelainan tersebut berasal dari infeksi rubella saat ibu mengandung. Virus rubella yang menginfeksi ibu hamil berasal dari orang-orang sekitarnya. Salah satunya adalah anak-anak yang belum memiliki kekebalan tubuh secara maksimal.

Sementara itu, campak sendiri juga cukup menakutkan. Virus ini dapat dengan mudah menular. Parahnya setiap empat menit ada satu pasien campak yang meninggal. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi CEO  Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) Anuradha.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan