Menemani Singa Sedang Sarapan Wildebeest

Apakah pernah ada yang terluka? ”Pernah. Itu karena panik dan berusaha mengusir cheetah,” sambungnya.

Pagi itu kami menemukan enam cheetah secara terpisah. Tiba-tiba radio di mobil kami berbunyi. ”Ada singa sedang sarapan,” kata Onesmus. Dia pun memacu mobilnya ke arah barat dengan kencang.

Benar saja, delapan mobil safari telah mengelilingi dua singa betina yang menyantap wildebeest (connochaetes), anggota keluarga antelop. Tak jauh dari sana, dua singa jantan tidur dengan pulas. Mungkin itu makanan sisa singa jantan yang kemudian dimakan singa betina.

Di Masai Mara ada big five hewan yang menjadi favorit. Lima binatang itu adalah singa, gajah afrika, leopard, kerbau afrika, dan badak. Kami tidak melihat badak. Sempat bertemu leopard, tetapi hanya sebentar. Siang itu tur berakhir karena harus kembali ke Nairobi dan menghindari perjalanan malam.

Kalau menambah sehari lagi, tur safari akan dilanjutkan ke Sand River untuk melihat migrasi hewan-hewan liar. Pada Juli-Oktober diperkirakan terjadi migrasi 1,3 juta wildebeest, 500 ribu thomson gazelle (mirip rusa), 100 ribu topi, 18 ribu eland, dan 200 ribu zebra. Juga, 470 spesies burung dan 60 spesies raptor. (*/c10/ttg/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan