Sosialisasikan 4 Pilar Lewat Jambore Pramuka 2017

jabarekspres.com, CILEUNYI – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan Anggota MPR RI H. Dede Yusuf Macan Effendi menggelar acara sosialisasi 4 Pilar yang diikuti anggota Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Kegiatan yang digelar di Aula Graha Kujang, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung ini, mendapat sambutan sangat antusias dari para peserta. Sehingga, diharapkan apa yang disampaikan akan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, 4 Pilar wawasan kebangsaan merupakan konstitusi negara yang berada dalam Ketetapan MPR, di negara kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika yang dijadikan semboyan negara.

Untuk itu, bagi para Pembina Pramuka Jawa Barat, akan menyelenggarakan jambore pramuka yang diikuti oleh 5.000 anggota pramuka penggalang se Jawa Barat dengan memasukan prinsip bela negara dan wawasan kebangsaan.

Selain itu, Gerakan Pramuka sebagai elemen penting yang memberikan pendidikan non formal melalui metode kegiatan yang menarik dan menantang.

Dengan begitu, Jambore Pramuka di alam bebas bagi generasi muda dengan berpedoman pada Tri satya dan Dasa Dharma akan menjadi tangtangan tersendiri.Sehingga, sikap seorang pramuka harus bisa mencerminkan kemandirian, saling membantu, bergotong royong, dan memiliki sikap toleransi antar sesama.

Dede mengatakan, dirinya memiliki tanggung jawab dan berkewajiban untuk menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan tersebut kepada anggota Pramuka, sebagai upaya untuk menyiapkan generasi muda khususnya Pramuka.

“Insya Allah nanti akan diikuti sekitar 5000 anggota pramuka, tujuannya, agar lebih memahami kehidupan berbangsa dan bernegara, serta rasa patriotisme dan nasionalisme,” kata Dede

Adapun kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan atau 4 Pilar yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara Rapublik Indonesia Tahun 1945. digelar di Aula Graha Kujang, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, pada selasa (25/7) (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan