Suka Sama Suka, Kawini Saudara Kandung

Titik nol petualangan me­nemui suku Polahi dimulai dari rumah Haris Antu. Pria 36 tahun itu tinggal di rumah berdinding kayu beratap seng di Desa Bina Jaya, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Go­rontalo. Dari pusat kota seki­tar tiga jam perjalanan dengan naik mobil untuk sampai ke rumah Haris yang berada di tepi hutan.

Haris dipercaya sebagai pe­rantara orang-orang yang ingin berkunjung ke Polahi. Dia memang bisa diterima orang Polahi yang cenderung tertutup. Sebab, dia anak menantu suku Polahi. Risna Palowa, 32, istri Haris, adalah salah seorang anak Kepala Suku Polahi Baba Manio. Haris dan Risna meni­kah pada 2000 dan sudah di­karuniai empat putri. ”Saya dulu buruh rotan di hutan,” ujar Haris menceritakan perkenalan­nya dengan Risna.

Haris yang berasal dari Ke­camatan Bongomeme, Kabu­paten Gorontalo, itu tidak lancar berbahasa Indonesia. Wartawan Gorontalo Post (Jawa Ekspres Group) Gusran Ismail menjadi penerjemah. Sebelum berangkat, Haris menjelaskan kondisi suku Polahi. Menurut dia, Risna yang punya nama lahir Ama­li adalah anak Baba Manio dengan saudara kandungnya, Loonunga alias Nakiki. Sebe­lum menikah, Risna masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. ”Juga mandi lemon,” ujar dia.

Mandi lemon itu mandi ke­ramas dengan air yang ber­campur perasan jeruk lemon. Risna yang juga tidak lancar berbahasa Indonesia menje­laskan, ibunya, Loonunga, memisahkan diri dari kelom­pok Baba Manio. Loonunga memilih tinggal bersama suaminya bernama Bakiki Mani. Nah, Bakiki Mani ini adalah saudara kandung Loon­unga dan Baba Manio. ”Ada cinta segi tiga,” jelas Risna.

Rumit juga hubungan per­cintaan di suku Polahi. Sebab, Baba Manio tak hanya meni­kahi Loonunga, tapi juga Ha­sima alias Wambi’i dan Tanio alias Antuingo. Mereka semua bersaudara kandung. Lalu, bagaimana dengan Bakiki Mani? Selain kawin dengan Loonunga, dia menikahi Ha­sima dan dikaruniai tiga anak.

Pernikahan dalam adat suku Polahi cukup dengan satu syarat. Suka sama suka. ”Nikahnya itu dimandikan di sungai. Siang hari. Tetap pa­kai baju saat dimandikan,” tutur Risna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan