Disdukcapil Purwa­karta Segera Terbitkan KTP Anak

jabarekspres.com, PURWAKARTA – Dinas Kependudu­kan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwa­karta menargetkan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anak-anak? tahun ini. Identitas anak dengan nama Kartu Indentitas Anak (KIA) itu telah dicanangkan oleh Kemendagri Da­lam Negeri (Ke­mendagri).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakar­ta, Sulaiman Wilman, mengungkapkan, program penerbitan KIA sebetulnya masih pilot projek pe­merintah pusat. Baru sekitar 50 daerah yang su­dah menertibkan KIA. Sementara untuk wilayah Jawa Barat, baru Kota Cimahi yang menjadi pilot projek. “Seharusnya, program KIA di Purwakarta sudah running pada Juni lalu. Tapi untuk realisas­inya kami masih menunggu sinyal dari Pemkab Purwakarta,” ujarnya, kemarin (17/7).

Namun, kata Wilman, sebenarnya program KIA sudah ada intruksi dari pusat untuk segera direal­isasikan. “Kebijakan kami prioritaskan anak SMP dulu, itupun pilot projeknya khusus di Kecamatan Kota Purwakarta,” ungkapnya.

Ia menegaskan, tahun depan setiap kabupaten di Indonesia sudah diwajibkan merealisasikan KIA.

“Insyallah Purwakarta mau seperti kabupaten lain. Tapi dengan pertimbangan APBD. Kalau tahun ini masih masuk transisi, jadi belum terlalu wajib. Ya, kalau tahun depan sudah wajib,” pung­kasnya.(yus/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan