oleh

Warga Pendatang Wajib Punya Kipem

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk mendata warga musiman yang berdomisili di Kota Cimahi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menghimbau untuk membuat Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem).

Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Dennyla Hermawan mengatakan, membuat Kipem sangat mudah dan tidak diperlukan biaya.Namun, Kipem berlaku untuk satu tahun saja. Selanjutnyam bisa diperpanjang.

“Jadi kalau sudah tinggal lebih dari satu tahun sebaiknya membuat KTP Cimahi, dengan menyertakan surat pindah,”jelas Dennyla ketika ditemui dikantor Cimahi kemarin (13/7).

Baca Juga:  Penelitian Menyebutkan 1 dari 3 Penyintas Covid-19 Alami Ganguan Mental

Dirinya memaparkan, untuk persyaratan sendiri sebetulnya sangat mudah. Yaitu, cukup membawa KTP asal, KK asal, foto 2×3.

Dennyla menilai, kesadaran warga pendatang untuk membuat Kipem di Kota Cimahi masih kurang. Hal itu terbukti dengan masih banyaknya pendatang yang belum memiliki Kipem.

“Ada yang tahu harus buat Kipem, tapi kesadaran masyarakat kurang,” kata Dennyla.

Untuk mengetahui warga pendatang atau bukan pihaknya, sering melakukan pengendalian administrasi kependudukan. Bahkan saat ini sedang digelar selama tiga hari dengan sasaran diberbagai tempat dengan target rumah kontrakan dan tempat Kost.

Baca Juga:  Indonesia Berhasil Gagalkan Penyelundupan 22.230 Benih Lobster

Dirinya menuturkan, Dalam kegiatan pengendalian tersebut, Disdukcapil menjaring sekitar 53 pendatang di Citeureup dan 75 di Padasuka.Sehingga, bagi pendatang yang terjaring diwajibkan membuat Kipem.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Ini beneran tanpa biaya (gratis) apa wajib bayar? Kok petugas yg datang sosialisasi mengumumkan harus bayar setiap kali pembuatan.
    Kalaupun harus bayar, berapa jelas harganya?

Baca Juga