oleh

Dorong Museum Prabu Siliwangi jadi Wisata Budaya

jabareskpres.com, JL MERBABU – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata mendorong Museum Prabu Siliwangi di komplek Pondok Pesantren Al-Fath jadi destinasi wisata budaya dan religi di Kota Sukabumi. Satu di antara upaya itu yakni dengan ikut mempromosikan museum itu melalui berbagai media promosi.

“Kami akan ikut mempromosikannya. Nanti promosi dilakukan melalui ajang Mojang dan Jajak,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi, Adang Taufik, kemarin (4/7).

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Pemudik, Polsek Jatinangor Siapkan Dua Pos Penyekatan

Pengelola Museum Prabu Siliwangi, KH Fajar Laksana, menjelaskan museum yang menjadi kebanggaan warga Kota Sukabumi tersebut memiliki berbagai benda purbakala yang bernilai sejarah tinggi. Di museum itu tak hanya memiliki koleksi berbagai senjata peninggalan masa Prabu Siliwangi berkuasa, tapi juga berbagai peralatan dapur, arca, hingga gerabah diduga peninggalan zaman dulu.

“Semua koleksinya merupakan benda-benda peninggalan orang Sunda di masa lalu. Sehingga tidak heran banyak turis dari mancanegara datang mempelajarinya ke sini,” ujarnya.

Baca Juga:  Kementrian PUPR Targetkan 19 Ruas Tol Baru Bakal Rampung Tahun Ini

Belum lama ini museum tersebut mendapatkan koleksi baru berupa benda diduga peninggalan zaman dulu dari Gunung Arca. Tim arkeologi sempat menaksir benda itu berusia sekitar 5.000 tahun sebelum masehi. “Sudah ada tim dari arkeolog yang datang melihat benda itu,” jelas dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga