Data Pendatang Baru, Harus Tingkatkan Pengawasan

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk memantau perkembangan arus urbanisasi pasca Lebaran Bupati Bandung Dadang M Naser meminta kepada para Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk mengawasi dengan melakukan pendataan bagi para pendatang baru.

Menurutnya, pendataan dilakukan agar nantinya ketika dilakukan evaluasi bisa lebih mudah dan akurat. Terlebih, pendatang baru biasanya akan datang untuk mencari pekerjaan di tempat-tempat Industri.

Untuk mengevaluasinya dia menginstrusikan kepada Camat dan para Kades untuk memperhatikan secara serius masalah ini. Sebab, pendatang biasanya menetap dibeberapa daerah yang berdekatan dengan kawasan Industri. Seperti, di Kecamatan Majalaya, Solokanjeruk, Dayeuhkolot, Baleendah dan beberapa kecamatan lainnya.

Dirinya menilai, kedatangan masyarakat ke Kabupaten Bandung sebenarnya sah-sah saja selama tidak melakukan pelanggaran hukum serta mentaati semua peraturan daerah yang didatanginya.

Namun, untuk pendatang baru yang sebaiknya harus mempunyai keahlian. Atau ada yang orang yang siap memperkerjakannya.Sehingga, Jangan sampai datang malah menimbulkan masalah.

“Hal seperti ini yang berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan sosial,”ujarnya.

Untuk itu, peningkatkatan pengawasan pendatang baru di daerah masing-masing jangan sampai kehadirannya malah meresahkan masyarakat. Sehingga, Pendataan dan pengawaasan ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dadang menuturkan, sebetulnya pihaknya sangat terbuka kepada siapa saja yang datang ke Kabupaten Bandung selama mempunyai niat baik. Tetapi kewaspada perlu ditingkatkan. Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai disusupi oleh orang-orang yang berniat melakukan kriminalitas atau teroris.

Dadang, mengimbau agar setiap perusahaan di Kabupaten Bandung memerlukan tenaga kerja, untuk lebih selektif. Misalnya pemohon kerja agar melampirkan surat keterangan dari kantor kecamatan dan kantor desa setempat.

“Nah RT,RW dan kita semua harus peduli sama lingkungan sekitar, termasuk saat ada pendatang baru dilingkungan rumahnya,”katanya.(rus/yan)

Tinggalkan Balasan