Ricciardo Menangi Balapan Penuh Drama di Baku

Setelah lomba dimulai kembali, Vettel mendapat tekanan dari Massa dan Perez, namun ia berhasil mempertahankan posisinya setelah Tikungan 1. Sedangkan duo Force India, Perez dan Ocon mengalami kecelakaan, mereka berdua bersinggungan, kedua pembalap mengalami masalah pada mobilnya masing masing.

Kecelakaan tersebut membuat Perez harus masuk pit box untuk memperbaiki mobilnya, sedangkan Ocon dapat melanjutkan lomba. Raikkonen pun mengalami masalah pada mobilnya, ban belakang sebelah dari mobil yang ia kendarai mengalami kebocoran setelah mengenai serpihan dari kedelakaan antara mobil Force India didepannya.

Runtutan kecelakaan tersebut membuat lomba dihentikan untuk sementara. Jeda tersebut berhasil dimanfaatkan oleh Ferrari dan Force India untuk memperbaiki mobil yang digunakan Raikkonen dan Perez, sehingga mereka dapat meneruskan balapan kembali.

Selepas restart, Ricciardo melakukan start yang brilian. Ia melewati Massa, Stroll, dan Hulkenberg pada Tikungan 1 untuk berada di P3. Beberapa lap kemudian, Magnussen melompati Massa dan Nico Hulkenberg pada Tikungan 1 Lap 25 untuk menepati P5.

Massa harus mengakhiri lomba lebih awal, ia mengalami kerusakan pada suspensi mobil yang ia kendarai pada Lap 26. Pada waktu yang hampir bersamaan, Hulkenberg pun harus mengakhiri lomba lebih awal, ia mengalami kecelakaan dan merusak mobil yang ia kendarai.

Hamilton harus memasuki pit untuk mengganti headrest yang bermasalah, posisinya turun menjadi P9. Di saat yang hampir bersamaan, Vettel dijatuhi hukuman penalti stop & go 10 detik atas insiden yang ia alami dengan Hamilton saat periode Safety Car. Tak puas dengan keputusan tersebut, ia justru menganggap tindakan Hamilton sama bahayanya.

Vettel bertanya kepada teknisi balapnya: “Kapan saya melakukan tindakan berbahaya?” lalu ia menambahkan “dapatkah anda memberi saya penjelasan?”

Ia keluar pit tepat didepan pembalap asal Inggris tersebut untuk menempati P8.

Dengan kejadian diatas, Ricciardo memimpin balapan, disusul Stroll dan Magnussen di posisi tiga besar. Sedangkan Perez dan Raikkonen mendapatkan drive-through penalty karena mobil mereka dibetulkan di luar fast lane.

Bottas, yang di awal balapan mengalami masalah. Berhasil merangsek menjadi P4 pada Lap 37.

Tinggalkan Balasan