Ricciardo Menangi Balapan Penuh Drama di Baku

Bottas mengawali balapan dengan buruk, setelah gagal melewati Hamilton, ia menabrak bagian belakang mobil yang dikendarai Raikkonen, kecelakaan tersebut membuat ban depan sebelah kanan mobil yang ia kendarai bocor. Ia harus kembali ke pit stop untuk mengganti ban.

Kecelakaan tersebut juga membuat bagian belakang mobil Raikkonen bermasalah. “Bagian belakang mobil saya sepertinya bermasalah” ujar pembalap Ferrari tersebut.

Ricciardo menjadi pembalap pertama yang melakukan pit stop reguler, ia mengganti ban menjadi kompon medium pada Lap 6.

Beberapa lap kemudian, Joylon Palmer melengkapi nasib buruknya akhir pekan ini, ia harus menyudahi balapannya lebih awal karena masalah yang ia alami pada mobilnya pada Lap 8.

Tiga lap kemudian, Kvyat menjadi pembalap berikutnya yang harus menyudahi balapannya lebih awal, karena STR12 yang ia kendarai berhenti di Tikungan 12 Lap 11. Kecelakaan tersebut membuat safety car dikeluarkan.

Kejadian tersebut dimanfaatkan beberapa pembalap untuk melakukan pit stop, di antaranya Hamilton, Vettel, Sergio Perez, Raikonen, Felipe Massa, Esteban Ocon, dan Max Verstappen.

Namun, Verstappen tidak melakukan pit stop untuk mengganti ban. Ia mengalami masalah elektronik pada mobil yang ia kendarai, ia tidak dapat melanjutkan balapan.

Sementara itu, Romain Grosejan terus berkutat dengan masalah rem yang sering ia alami. Pria asal Perancis itu meminta saran kepada teknisi balapnya melalui radio: “Jika ini terlalu berbahaya, tolong hentikan saya,” ujarnya.

Hamilton mengeluhkan mobil safety car yang ia rasa terlalu lambat: “Saya tidak bisa mendapatkan temperatur yang ideal dengan kecepatan seperti ini.” ujarnya kepada teknisi balapnya.

Selepas restart, Hamilton meneruskan dominasinya pada balapan ini, sementara itu Vettel mendapatkan tekanan dari Perez. Start buruk dilakukan oleh Raikkonen, ia turun ke P6 setelah disalip oleh Massa dan Ocon.

Sesaat setelah balapan kembali dimulai, safety car kembali keluar karena serpihan pada sirkuit. Tak ayal keputusan tersebut membuat beberapa pembalap bingung, terutama Hamilton yang memimpin lomba.

Pada periode ini terjadi insiden antara Vettel dan Hamilton, setelah ia menabrak pembalap Mercedes yang melakukan pengereman mendadak. Pembalap Jerman itu mengalami kerusakan pada sayap depannya.

Tinggalkan Balasan