Pertahankan NKRI dan Pancasila

”Pancasila itu dibentuk oleh para kaum muslimin yang diambil dari ajaran Islam, jadi kalau orang Islam tidak pancasilais jadi aneh karena Islam yang menyusun dan membuat oleh tokoh-tokoh Islam,” katanya.

Sementara itu, Ustad Abu Ghifari (Perwakilan Tazkia Forum/Tazkiyatun Nufus) mengatakan, Pancasila lahir bukan dari Islam. ”Namun Pancasila berdiri oleh adanya orang-orang Islam, dan yang berpendapat bahwa Pancasila yang lahir pada 18 Agustus. Hal itu masih diperdebatkan. Apakah pemerintah itu benar atau tidak, presiden kan muslim, kapolri muslim, mayoritas anggota DPR juga muslim, jadi pemerintah Indonesia ini Islam tak perlu ada khilafah. Sehingga dalam bertatanegara sebagai Umat Islam mengikuti ajaran yang benar sesuai ajaran Islam dan menjauhi ajaran dan perintah yang tidak sesuai dengan ajaran Islam,” harapnya.

Di akhir diksusi disimpulkan jika khilafah adalah bagian dari syari’at Islam, namun perlu waktu dan pertimbangan untuk ditegakkan segera karena sebagian besar masih berbeda pendapat.

Meskipun sepakat dengan syari’at Islam, sebagian besar mendorong pemenuhan syarat khilafah yaitu pemenuhan tauhid, iman, amal soleh terlebih dahulu, bukan justru melakukan gerilya politik, seperti yang dilakukan oleh HTI. (a2/tie/rie)

Tinggalkan Balasan