RSUD Cibabat Miliki SMS Gateway

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk mempercepat pelayanan pendaftaran pasieun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat resmi memperkenalkan sistem terbaru melalui pendaftaran online yang dinamakan ‘SMS Gateway’.

BERITA C_Peluncuran Layanan Registrasi RSUD Cibabat Via SMS - Fajri Achmad NF - 14062017_04 -Direktur Utama RSUD Cibabat, Trias Nugrahadi menjelaskan, sistem ‘SMS Gateway’ ini merupakan upaya perbaikan pelayanan, khususnya sistem pendaftaran yang dikembangkan oleh pihaknya.

“Tentunya kami memerlukan inovasi lagi, inovasi yang kita lakukan sekarang dengan SMS Gateway,” katanya saat ditemui disela-sela acara di RSUD Cibabat, Jln. Amir Machmud, Rabu (14/6).

Dia mengklaim, dengan sistem pendaftaran tebaru ini, para calon pasien, yang kebanyakan merupakan pasien rawat jalan, bisa lebih cepat dalam melakukan pendaftaran.

Dalam sehari, kata Trias, pasien rawat jalan yang mendaftar bisa mencapai 700 orang. Jika menggunakan sistem yang lama, yakni pendaftaran terpadu, akan membutuhkan waktu lama, termasuk mencari data medical record.

Dengan ‘SMS Gateway’ ini, para calon pasien tidak akan menunggu terlalu lama untuk dicarikan medical recordnya. Pasalnya, medical record nya sudah tercantum melalui pesan yang dikirimkan sebelumnya.

“Sehingga akan memotong waktu layanan, medical recordnya sudah disiapkan satu hari sebelumnya,” terang Trias.

Namun, bagi anda yang akan mendaftar melalui sistem terbaru ini, harus melakukan mendaftaran dua hari sebelum berobat.

Caranya, hanya tinggal membuka web www.rsudacibabat.cimahikota.go.id dengan memilih menu ‘reservasi online. Setelah itu, tinggal masukan nomor Rekam Medis, serta identitas diri, seperti nomor KTP dan nomor Handphone.

Setelah reservasi melalui online berhasil, maka anda tinggal mengirimkan pesan SMS Gateway dengan format:Daftar#No Rekam Medik#Cara Bayar#Kode Klinik#Tanggal, lalu kirimkan ke nomor 082262400155.

“Sehingga dengan SMS Gateway, minimal H-2, mereka sudah terdaftar di sini. Di poliklinik sudah ada medical record,” jelas Trias.

Namun, lanjut Trias sistem pendaftaran online dan SMS Gateway ini hanya berlaku bagi pasien yang sudah terdaftar dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“80 persen dikita sudah terdaftar di BPJS. Sementara ini hanya berlaku bagi pasien peserta BPJS Kesehatan,” tandas dia.

Di tempat sama, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Sudiarto mengapresiasi terhadap inovasi yang dikembangkan oleh RSUD Cibabat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan